Panduan Berolahraga di Pagi Hari Tingkatkan Kekuatan Otak

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/04/2019 06:44 WIB
Panduan Berolahraga di Pagi Hari Tingkatkan Kekuatan Otak Ilustrasi (janeb13/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjaga kebugaran dengan olahraga di pagi hari tak hanya baik untuk kesehatan fisik. Penelitian menunjukkan, selain menjaga aliran darah, olahraga kardiovaskular juga baik untuk otak.

Olahraga kardiovaskular seperti aerobik secara teratur dapat meningkatkan ukuran hippocampus, bagian otak yang terlibat dalam proses pembelajaran dan memori verbal.

Olahraga di pagi hari juga dapat memengaruhi suasana hati, memori, dan kemampuan otak seperti fokus dan konsentrasi. Latihan kekuatan bahkan dapat mengurangi gejala depresi.


Berikut merupakan panduan berolahraga di pagi hari untuk meningkatkan kekuatan otak, dikutip dari CNN.

1. Gerakan Kardio
Olahraga kardio seperti melompat atau joging dapat meningkatkan fungsi otak. Tapi, penelitian menunjukkan, kardio dalam bentuk tarian memiliki manfaat yang lebih besar.

Menari seperti aerobik dapat meningkatkan daerah otak yang terkait dengan neuroplastisitas. Artinya, ada peningkatan kemampuan jaringan saraf dalam menanggapi stimulasi sensorik atau informasi baru.


Untuk memulai hari, setiap orang disarankan untuk memutar lagu favorit mereka lalu menari melakukan gerakan kardio. Gerakkan tangan, kaki, dan pinggul untuk untuk meregangkan tubuh. Tak ada salahnya pula untuk mencoba gerakan zumba.

2. Perkuat tubuh dan otak
Setelah gerakan kardio, di penghujung lagu saatnya untuk melakukan latihan dasar untuk membangun otot dan pikiran.

Lakukan gerakan untuk memperkuat otot seperti olahraga beban menggunakan alat kebugaran. Latihan kekuatan ini dapat meningkatkan fokus dan fungsi kognitif. Penelitian juga menunjukkan, latihan ini dapat mengurangi kecemasan.

Lakukan gerakan squat dan jangkauan lengan untuk melatih seluruh tubuh. Saat squat, ayunkan lengan lurus dan ke atas. Ulangi gerakan ini hingga 20 kali.

Tambahkan latihan ini dengan gerakan plank selama 10 detik dan push up selama 10 kali. Lalu, sebagai penutup di sesi ini, berbaringlah dan arahkan kaki ke langit lalu gerakkan turun.

3. Fokus
Untuk mengakhiri olahraga pagi, setelah kekuatan otot, pusatkan pikiran pada pernapasan dan gerakan seperti sedang melakukan yoga.


Lakukan latihan ini dengan berdiri tegak dan mengulurkan tangan ke atas sambil menarik napas lalu hentakkan ke bawah sambil membuang napas. Ulangi latihan ini hingga 10 kali dan Anda siap untuk beraktivitas.

Tak ada salahnya pula berkreasi dengan menambahkan latihan baru. Penelitian menunjukkan orang yang meningkatkan keterampilan mengalami peningkatan dalam tes memori.

Selamat beraktivitas!

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)