Pedoman Kencan buat Para Wanita

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 31/03/2019 10:55 WIB
Pedoman Kencan buat Para Wanita Ilustrasi kencan (Brodie Vissers via StockSnap)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kian kemari, konsep kencan kian berevolusi. Kencan bisa menjadi sesuatu yang sulit zaman kiwari.

Beragam pilihan cara kencan tersedia hari ini. Apalagi sejak meledaknya aplikasi-aplikasi kencan.

Namun, sudahkah Anda melakukannya dengan benar?


Sebelum melangkah pada kencan yang sebenarnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kencan berjalan mulus.

1. Coret klub atau bar dari daftar tongkrongan
Bar atau klub jadi tempat sempurna untuk bertemu teman, mengobrol, atau sekadar berjoget diiringi musik. Namun, tempat ini tak selalu tepat untuk mencari pasangan, apalagi untuk hubungan jangka panjang.

Jika memang Anda penyuka musik, akan lebih baik jika Anda memilih konser musik atau toko musik.

2. Mencoba kencan daring
Bukan tak mungkin untuk menjalin hubungan dengan seseorang melalui daring di zaman kiwari. Aplikasi kencan membuat seseorang memperluas pilihan, bahkan untuk menemukan pasangan di luar lingkaran pertemanan selama ini.

Kencan daring bisa jadi tempat berlatih. Jika Anda kerap grogi, kencan daring memberi Anda kesempatan untuk berlatih dan terbiasa dengan interaksi seperti saling melempar pujian, percakapan untuk saling mengenal, bahkan penolakan.

3. Kencan dengan lawan jenis di luar tipe
Wanita kerap punya daftar kriteria pria yang diinginkan jadi pasangan. Daftar kriteria dibuat panjang dan detail sehingga tak jarang justru ini membatasi pilihan dan kehilangan orang luar biasa yang tampak tidak masuk dalam kriteria. Kualitas tetap perlu dipertahankan, tapi atribusi fisik seperti tinggi badan rasanya tak diperlukan.

Perjelas tipe pria yang diinginkan. Namun, usahakan untuk tetap fleksibel saat kencan dan hindari sikap skeptis serta menghakimi.

4. Jangan kompromi terkait nilai yang dianut
Saat bicara soal nilai atau keyakinan, penting untuk tidak berkompromi. Buat batasan yang jelas sejak awal dan cari lawan jenis yang bisa menghargai batasan ini.

Jika tidak, maka sudah jelas si dia tidak bisa dijadikan pasangan. Tak perlu buang waktu menunggu dia berubah.

5. Tak buru-buru
Kencan tak berhubungan dengan usia. Lupakan tekanan untuk menemukan pasangan hidup dalam waktu cepat. Wanita harus teliti dalam memilih.

Perlu diingat bahwa menemukan pasangan bukan satu-satunya misi Anda di bumi.

6. Jujur
Tak jadi masalah jika agenda kencan di masa-masa awal dilakoni sekadar untuk bersenang-senang. Yang terpenting adalah jujur pada si dia soal hal tersebut.

7. Jadi diri sendiri
Tak perlu mengubah diri atau menjadi orang lain demi memberikan kesan terbaik pada lawan jenis. Hal itu hanya akan menjadi menggali kuburan untuk diri sendiri, apalagi jika jalinan hubungan berlangsung lama.

Akan lebih baik jika Anda menunjukkan diri yang sebenarnya. Hal itu akan membuat Anda tak khawatir jika ke depan hari.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)