Waspada Jadi Korban Kamera Cabul di Tempat Penginapan

CNN Indonesia | Rabu, 27/03/2019 09:03 WIB
Waspada Jadi Korban Kamera Cabul di Tempat Penginapan Ilustrasi. (WDnet/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Korea Selatan sedang mendapat sorotan publik dunia lantaran adanya kecurigaan tentang ribuan kamera tersembunyi yang terpasang di kamar penginapan.

Tak hanya tersembunyi, kamera-kamera itu juga menyiarkan secara langsung kegiatan berlangsung di dalam ruangan. Adegan privat tamu bisa disaksikan oleh para pelanggan yang telah membayar untuk mengakses video tersebut.

Korea Selatan memiliki istilah sendiri terkait kegiatan merekam kegiatan wanita secara diam-diam di tempat umum, yakni molka.


Mengutip Lonely Planet, Selasa (26/3), pekan lalu dua pria diamankan oleh kepolisian Korea Selatan karena tertangkap tangan sedang mengoperasikan kamera tersembunyi untuk keperluan siaran langsung dari 42 kamar di 30 penginapan.

Pihak kepolisian menuturkan kamera-kamera tersebut diletakkan di bagian kamar yang nyaris tidak mungkin diperhatikan, seperti tempat gantungan pengering rambut, kotak televisi, hingga gantungan di tembok.

Diperkirakan kamera-kamera tersebut dipasang antara bulan November tahun lalu hingga awal bulan tahun ini.

Dari kamera-kamera tersebut, setidaknya sudah ada lebih dari 800 video intim yang masuk ke dalam sebuah situs dengan ribuan pelanggan. Hal ini jelas melanggar privasi seseorang.

Kejadian seperti ini tak hanya terjadi di Korea Selatan, tahun lalu sepasang warga negara Inggris menemukan kamera tersembunyi saat mereka menyewa losmen untuk bermalam di Kanada.

Untuk menghindari kejadian buruk dari oknum yang ingin merekam diam-diam, ada beberapa langkah yang harus diterapkan salah satunya adalah mengamati objek-objek mencurigakan yang mengarah langsung ke tempat tidur atau kamar mandi.

Seorang pakar teknologi, Jess Kelly, menuturkan setiap properti wajib memberikan tanda jika di kawasan tersebut terletak CCTV.

Namun tidak ada salahnya jika mengecek ulang tempat-tempat yang sering luput diperhatikan seperti rak buku, rel gorden, dan lainnya. Karena kasus seperti ini yang semakin marak, ia mengingatkan untuk lebih berhati-hati sebelum menginap.

[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)