FOTO : Merangkai Pesawat Bekas Jadi Restoran Berkelas

Safir Makki, CNN Indonesia | Rabu, 27/03/2019 15:54 WIB

Bekasi, CNN Indonesia -- Pesawat Boeing 747-400 akan disulap menjadi sebuah restoran di Bekasi, Jawa Barat.

Pesawat Boeing 747-400 bekas dan tak berfungsi terdiri dari dua lantai ini akan disulap menjadi restoran di Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 27 Maret 2019. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pesawat ini sebelumnya dipotong-potong dari hanggar bandara Soekarno Hatta. Beberapa potongan itu kemudian disambung kembali menjadi badan pesawat utuh. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Ada 20 orang pekerja yang memilliki pengalaman dan keahlian masing-masing bertugas membongkar dan memasang kembali rangkaian badan pesawat ini. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Tercatat, di Indonesia, pesawat bekas yang dimanfaatkan kembali menjadi restoran dan wahana bermain baru ada di Surabaya, Bali, Yogyakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Para pekerja biasanya mendapat pesanan dari vendor ataupun perusahaan yang membeli pesawat bekas dan menyulapnya menjadi wahana permainan, simulator hingga restoran. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Seluruh kursi dan perangkat yang ada di dalam pesawat dikosongkan dan akan diubah menjadi ruang makan restoran. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Pesawat bekas 747-400 ini terdiri dari dua lantai dan seluruhnya dirombak, dijadikan tempat makan yang memanjakan pengunjung nantinya. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Layaknya mekanik, para pekerja mengganti onderdil yang rusak dengan yang baru agar pesawat tahan dan kuat. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Menggunakan alat berat untuk memindahkan posisi pesawat sesuai pesanan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Meskipun terlihat lusuh, hasil akhir pesawat bekas ini akan dipercantik dengan interor dan dicat kembali. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Setiap hari, pekerja mulai pagi hingga sore merampungkan pemasangan pesawat bekas ini sesuai target. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Pekerja mempersiapkan pegikat baja untuk memindahkan posisi badan pesawat sesuai pesanan. (CNN Indonesia/Safir Makki)