Pantai Jelenga, Surga Selancar di Sumbawa Barat

ANTARA, CNN Indonesia | Rabu, 27/03/2019 16:53 WIB
Pantai Jelenga, Surga Selancar di Sumbawa Barat Ilustrasi. (Foto: AFP PHOTO/Jewel SAMAD)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabupaten Sumbawa Barat dikelilingi oleh perairan, yakni Laut Flores di sisi utara, Samudera Hindia di sebelah selatan, dan Selat Alas di sebelah barat. Tak heran jika wisata pesisir jadi andalan di Kabupaten Sumbawa Barat.

Salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Sumbawa Barat adalah Pantai Jelenga yang hamparan pasir putihnya membentuk tapal kuda.

Berjalan menapaki pasir putihnya yang sekilas tampak seperti butiran merica sambil melihat ombak menghapus tapak kaki yang tertinggal, menyaksikan gulungan ombak pecah, menatap pemandangan perbukitan dan bentang alam di kanan kiri pantai seketika mendatangkan ketenangan.


Hanya deru ombak terdengar di pantai yang berada sekitar tujuh kilometer dari Desa Goa di Kecamatan Jereweh.

Perjalanan menuju ke tempat tersebut dari Taliwang, ibu kota Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, melewati perkampungan penduduk, melintasi perbukitan, dan lahan pertanian warga.

Sesekali pengendara harus berhenti untuk memberi jalan bagi kelompok kerbau milik warga yang menyeberang, dalam perjalanan menuju pantai yang dianggap sebagai surga selancar itu.

Para pencinta olahraga air menyebut Pantai Jelenga sebagai "Scar Reef", lantaran gelombangnya berbentuk seperti pipa raksasa, dan tingginya antara dua sampai tiga meter.

"Pantai Jelenga sudah terkenal bagi para surfers mancanegara," kata Hasan, seorang warga Taliwang, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (27/3).

Namun, bagi mereka yang tidak hobi berselancar menikmati keindahan pantai saat ombak bersahabat pada bulan April juga sudah cukup memuaskan.

Mereka bisa menikmati pemandangan Pantai Jelenga saat matahari terbenam, dan menyaksikan pantulan warga kemerahan langit di pantai bersama debur ombak.

Selain pantai Jelenga, masih ada dua pantai yang bisa dinikmati di Sumbawa Barat seperti pantai Tropical dan pantai Poto Batu.

[Gambas:Video CNN] (agr)