Tips Mendaki Bersama Anjing Peliharaan

CNN Indonesia | Kamis, 28/03/2019 15:57 WIB
Tips Mendaki Bersama Anjing Peliharaan Ilustrasi. (Istockphoto/deimagine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya menikmati momen kebersamaan, mendaki gunung adalah sarana untuk berkontemplasi. Memilih rekan untuk mendaki adalah hal yang cukup krusial, karena jika tidak tepat tak menutup kemungkinan akan bernasib sial.

Sayangnya tidak ada panduan bagaimana memilih teman mendaki yang baik, sehingga hal ini harus benar-benar diselesaikan dengan hati. Jika merasa mendaki bersama manusia cukup 'menyeramkan', aktivitas ini pun bisa dilakukan dengan hewan kesayangan, seperti anjing.

Namun sebelum mendaki bersama anjing, ada beberapa hal yang harus disiapkan agar tidak merepotkan di tengah perjalanan.


Mengutip The Trek, Kamis (28/3), berikut adalah hal-hal yang harus disiapkan sebelum mendaki bersama anjing agar pendakian tetap memungkinkan sekaligus menyenangkan.

Kenali karakter anjing

Layaknya manusia, hewan pun memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang pemalas dan ada juga yang atraktif, jika mendaki bersama anjing pemalas maka perjalanan akan terasa menyiksa.

Perhatikan ukuran

Anjing berukuran besar akan mampu membawa perlengkapannya sendiri, tentunya dengan tas khusus yang dirancang untuk anjing. Namun anjing berukuran kecil cenderung mudah diselamatkan jika menjumpai keadaan darurat.

Siapkan perlengkapan

Selain membawa logistik, jaket untuk anjing adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Hal yang harus diperhatikan dalam memilih jaket adalah lokasi tujuan, jangan membawa jaket tebal jika membawa anjing ke kawasan cukup panas dan jangan membawa jaket tipis saat ke tempat yang suhu dinginnya ekstrem.

Berlatih

Syarat ini sangat tidak bisa diabaikan, karena merupakan sebuah keharusan. Selain untuk kenyamanan, latihan bagi anjing juga berperan penting dalam keselamatan mereka. Latihan ini tak hanya melingkupi latihan fisik, tapi juga latihan untuk berkoordinasi dan mematuhi perintah.

Cek kesehatan

Satu hal yang perlu diingat dalam mendaki bersama anjing adalah jangan memaksakan anjing, dengan alasan apapun. Karena bagaimanapun kesehatan dan keselamatan anjing adalah prioritas. Cek kesehatan anjing ke dokter hewan sebelum melakukan pendakian adalah hal yang sangat bijak.

[Gambas:Video CNN]

(agr)