Pria Cenderung Cari Pasangan yang Mirip dengan Ibu

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 31/03/2019 12:45 WIB
Riset teranyar menemukan sebagian besar pria cenderung menjalin hubungan dengan perempuan yang punya kemiripan dengan sang ibu. Ilustrasi (Pixabay/Olessya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perempuan idaman bagi banyak pria tentu relatif. Tak ada standar khusus yang ditentukan. Namun, sebagian besar pria menginginkan pasangan yang bisa memberikan kenyamanan.

Riset teranyar menemukan, sebanyak 64 persen pria cenderung menjalin hubungan dengan perempuan yang kurang lebih mirip dengan sang ibu. Bukan soal tampilan fisik, tapi kemiripan ini lebih berfokus pada kepribadiannya.

Riset ini berawal dari tes kepribadian buatan aplikasi kencan eHarmony. Tes bertujuan untuk mengevaluasi pria, pasangan, dan ibu mereka.


Mengutip Metro, riset membandingkan 18 kunci ciri kepribadian pada ibu dan pasangan si pria. Dari situ, diambil rata-rata untuk mendapatkan kesamaan secara umum.

Dari riset, ditemukan tingkat yang tinggi tentang adanya hubungan antara kemiripan sang ibu dengan pasangan.

"Sudah diketahui secara umum bahwa kita cenderung bermigrasi ke orang-orang yang memiliki sifat yang sama dengan kita dan pada tingkat yang berbeda-beda, kita berupaya menciptakan kembali aspek-aspek hubungan asli kita dengan orang tua kita," kata Rachel Lloyd dari eHarmony.

Lloyd menjelaskan, ibu merupakan perawat utama dalam hidup sehingga tak heran jika pria tertarik dengan perempuan yang kurang lebih mirip dengan sifat ibunya.

Secara umum, ada lima kemiripan antara ibu dan wanita. Lima hal ini di antaranya eksklusivitas (menyoal monogami), empati, penuh kasih sayang, altruisme (tidak mementingkan diri sendiri, suka membantu), dan terbuka pada pendapat maupun perasaan orang lain.

Selain itu, ada lima hal kebalikan dari sang ibu yang dicari pria. Lima hal itu diantaranya alienasi (merasa perlu menjauhkan diri tanpa alasan), nilai religi, stabilitas emosi, faktor dominan atau patuh, dan vokal saat memberikan pendapat.

Jika pria memiliki ibu yang sangat religius, sering menyendiri, emosi tidak stabil, vokal atau ekstrovert, biasanya mereka mencari pasangan dengan kepribadian sebaliknya.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)