5 Pilihan Wisata Gratis di London

CNN Indonesia | Jumat, 29/03/2019 15:02 WIB
5 Pilihan Wisata Gratis di London Pemandangan Borough Market di London, Inggris. (REUTERS/Neil Hall)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahun ini TripAdvisor menobatkan kota London di Inggris menjadi destinasi wisata terbaik di dunia. Beragamnya objek wisata membuat kota ini semakin ramai didatangi turis.

Tapi bagi turis yang berdana pas-pasan, London dirasa kurang menarik untuk didatangi. Mahalnya biaya perjalanan dan hidup di sana merupakan beberapa alasannya.

Sebagai contoh, dari Jakarta ke London tiket penerbangan dibanderol mulai dari Rp10 jutaan per orang pulang pergi. Belum lagi biaya pembuatan Visa Inggris seharga Rp1,7 jutaan per orang.


Pembuatan visa tersebut juga perlu disertai ekstra dana dalam rekening koran dan asuransi perjalanan.

Memang butuh dana lebih untuk bisa sampai ke London. Namun sesampainya di sana sebenarnya ada banyak kegiatan wisata seru yang bisa dinikmati tanpa biaya. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Museum

Museum menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi saat berada di London. Walau gratis tapi fasilitas dan layanannya tetap memanjakan pengunjungnya.

Sejumlah museum yang bisa dikunjungi tanpa perlu membayar tiket masuk ialah National Gallery, British Museum, Tate Modern, Museum of London, National Portrait Gallery, Natural History Museum, Victoria & Albert Museum, Science Museum, Sir John Soane's Museum, dan Wallace Collection.

[Gambas:Instagram]

2. Taman

Hyde Park bukan satu-satunya taman indah di London.

Usai berkunjung ke sana, turis juga bisa menyambangi Kew Garden, Sky Garden, Greenwich Park, Regent's Park, Green Park, St James's Park atau Hampstead Heath.

[Gambas:Instagram]

3. Seni Jalanan

Bagi turis yang gemar berfoto, rasanya penting untuk mengunjungi kawasan Shoreditch, karena di sana banyak ruas jalan yang temboknya diselimuti graffiti.

Dan bagi turis yang mengidolakan Banksy juga bisa melakukan perjalanan wisata sendiri menyambangi tembok-tembok coretannya dengan panduan peta dari Google ini.

4. Pasar

Siapa bilang pasar cuma ada di Asia, karena London juga punya beragam pasar unik dengan beragam barang jualan.

Portobello Road Market menarik untuk dikunjungi turis penggemar barang antik, sementara Borough Market patut dikunjungi turis pecinta kuliner.

[Gambas:Instagram]

5. Tur Jalan Kaki

London bukan cuma kawasan Big Ben atau Oxford Circus, karena sebenarnya masih banyak kawasan lain yang masih sepi turis.

Melakukan perjalanan wisata bersama kelompok tur berjalan kaki (walking tour) bisa jadi cara untuk mengenal London lebih dekat.

Bukan cuma ke museum dan tempat bersejarah, ada juga walking tour yang menyediakan wisata kuliner sampai kongko.

Beberapa walking tour yang ramai diikuti turis antara lain; Free Tours by Foot, London Walks, Take Walks London, Free London Walking Tours, Strawberry Tours, Eating London, New Europe Walking Tours, Liquid History, Jack the Ripper Tours, Context Travel, dan Vayable / Get Your Guide.

Sebagian besar walking tour yang disediakan tak memungut bayaran, namun tak ada salahnya memberi donasi kepada pemandunya. 

(agr/ard)