Siap-siap Rayakan 'Earth Hour' Malam Ini

CNN Indonesia | Sabtu, 30/03/2019 09:26 WIB
Siap-siap Rayakan 'Earth Hour' Malam Ini Kawasan Westminster di London, Inggris, saat Earth Hour 2018. (REUTERS/Neil Hall)
Jakarta, CNN Indonesia -- Momen mematikan lampu selama satu jam sebagai salah satu usaha mencegah bumi dari perubahan iklim dan kerusakan lingkungan akan digelar lagi pada tahun ini, tepatnya pada Sabtu (30/3) malam.

Disebut gerakan Earth Hour, sebanyak 7.000 kota di 180 negara bakal mematikan lampu mulai pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.

Yang menarik pada tahun ini sebanyak 12 area dan monumen ikonik di seluruh dunia juga akan ikut mematikan lampunya selama satu jam.



Belasan ikon dunia yang ikut serta dalam gerakan Earth Hour tahun ini antara lain Menara Eiffel (Paris), Empire State Building (New York), Big Ben (London) dan Victoria Harbour (Hong Kong).

Tahun ini Earth Hour mempromosikan tema menjaga keanekaragaman hayati dengan tagar #Connect2Earth.


CEO World Wild Fund (WWF) Indonesia, Rizal Malik mengatakan dalam keterangan resmi bahwa pelestarian lingkungan merupakan prioritas utama dalam agenda nasional dan lokal, mulai dari tingkat warga desa sampai presiden.

Selain ikon dunia, belasan bandara di Indonesia juga ikut merayakan Earth Hour, beberapa di antaranya Bandara Ngurah Rai Bali dan Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Bukan di landasan pacu atau kamar mandi, namun dengan mengurangi pemakaian lampu di sejumlah titik yang dirasa tak mengganggu operasional bandara, seperti lampu nama bandara.

Earth Hour telah rutin dimulai sejak tahun 2007 di Sydney Australia.


Berikut ini daftar lengkap 12 area dan monumen ikonik yang ikut serta dalam Earth Hour 2019:

  1. Menara Eiffel, Prancis
  2. Empire State Building, AS
  3. Piramida Giza, Mesir
  4. Colosseum, Italia
  5. Big Ben, Inggris
  6. Acropolis, Yunani
  7. Gedung Opera Sydney, Australia
  8. Istana Kremlin, Rusia
  9. Burj Khalifa, Dubai
  10. Grand Palace, Thailand
  11. Victoria Harbour, Hong Kong
  12. Shanghai Tower, China

[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)