Studi Temukan Lensa Kontak Ampuh Tangkal Alergi Mata

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/04/2019 07:59 WIB
Studi Temukan Lensa Kontak Ampuh Tangkal Alergi Mata Ilustrasi lensa kontak (Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lensa kontak tak cuma ampuh membantu meningkatkan penglihatan, tapi juga menangkal gatal karena alergi. Hal itu ditemukan dalam sebuah studi anyar yang dikembangkan oleh Johnson & Johnson.

Lensa kontak yang mengandung antihistamin disebut signifikan meredakan gejala alergi mata.

"Lebih dari 20 persen orang menderita alergi mata. Hasil studi ini berdampak signifikan bagi kualitas hidup mereka," ujar penulis studi Brian Pall yang merupakan Direktur Ilmu Klinis Johnson & Johnson Vision Care, melansir Reuters.


Dua uji coba acak menguji efektivitas dan keamanan lensa yang secara perlahan melepaskan ketotifen. Nama terakhir adalah obat golongan antihistamin yang bermanfaat untuk meredakan berbagai gejala alergi. Obat ini bekerja dengan menghentikan efek histamin penyebab reaksi alergi.

Dua uji coba dilakukan dengan melibatkan 244 peserta dengan usia berkisar antara 12-61 tahun. Peserta diminta menggunakan dua lensa kontak yang telah dilengkapi dengan ketotifen dan dua lensa tanpa ketotifen.

Saat lensa kontak dipasang, peserta merasakan gatal pada mata yang lumrah terjadi akibat pemasangan lensa kontak. Pada lensa kontak biasa, peneliti menemukan adanya 24 efek samping ringan.

Sementara itu, beberapa peserta yang menggunakan lensa dengan ketotifen dilaporkan tak merasakan gatal. "Sementara yang lain melaporkan adanya gatal yang mengganggu, tapi tetap dapat ditoleransi," kata Pall.

Hasil studi ini disambut baik oleh sejumlah ahli kesehatan mata. Christopher Starr, spesialis mata di Weil Cornell Medicine mengatakan bahwa banyak hal menarik dalam studi tersebut.

"Saya mengobati banyak pasien dengan alergi musiman di New York," kata Starr. Saat ini, Starr menyarankan agar pasien menaruh obat antihistamin di mata pada 10 menit sebelum lensa kontak dipasang. "Lalu mereka memakainya sepanjang hari. Dan, kemudian mereka menaruh tetes kedua di mata mereka setelah mengenakan lensa."

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)