Museum Paling 'Laris' Tahun 2018

CNN Indonesia | Selasa, 02/04/2019 11:40 WIB
Museum Paling 'Laris' Tahun 2018 The Louvre, Paris. (Foto: Lionel BONAVENTURE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu kekurangan sebagian besar penduduk Indonesia adalah, jarang mengapresiasi museum sebagai tempat untuk berwisata sembari belajar. Sehingga tak jarang museum di Indonesia terkesan suram, kumuh, bahkan angker.

Namun cerita berbeda justru datang dari belahan dunia lain, yang baru saja mendaulat The Louvre sebagai museum yang paling banyak dikunjungi tahun 2018.

Mengutip Lonely Planet, Selasa (2/4), popularitas museum ini melonjak setelah Beyonce dan Jay-Z menayangkan video klip yang dibuat dalam The Louvre.


Museum yang terletak di kota Paris, Prancis ini melonjak sebanyak 26 persen menjadi 10,2 juta pengunjung pada tahun 2018.

Ini artinya jumlah pengunjung di The Louvre saja, sudah melebihi 50 persen dari target kunjungan wisatawan mancanegara yang dipatok oleh Kementerian Pariwisata RI untuk tahun 2019.

Setelah The Louvre peringkat kedua samai keempat diisi oleh The National Museum of China, Metropolitan Museum of Art (The Met), dan Vatican Museums. Sementara itu The Tate Modern menggeser the British Museum yang tahun lalu menempati posisi kelima.

Alasan mengapa The Tate Modern berhasil menggeser the Brtish Museum adalah kesuksesan mereka saat menggelar pameran Picasso.

Kemudian posisi enam ditempati oleh the British Museum, sedangkan posisi ketujuh sampai kesepuluh ditempati oleh the National Gallery of Art, Washington Museum, State Hermitage, dan Victoria & Albert Museum.

Hampir sama seperti The Tate Modern, Vicoria & Albert juga berhasil menggelar pameran Frida Kahlo yang 'menyedot' empat juta pengujung tahun lalu.

Sementara itu untuk kategori pameran paling populer tahun 2018 adalah 'Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination' yang dilangsungkan di Manhattan.

[Gambas:Video CNN] (agr)