Bahaya Kesehatan Mental sama dengan Diabetes

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 18:44 WIB
Bahaya Kesehatan Mental sama dengan Diabetes Ilustrasi (Jedidja/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kesehatan mental sering kali dianggap remeh. Padahal, dampak dari kesehatan mental sama buruknya dengan penyakit diabetes dan merokok.

Laporan terbaru dari US News & World Report dan Aeetna Foundation mengungkapkan, kesehatan mental yang buruk dapat memperpendek harapan hidup sama dengan diabetes dan merokok.

Temuan ini didapat setelah menganalisis metriks kesehatan seperti nutrisi, pendidikan, perumahan, hampir pada 3 ribu komunitas.


Hasilnya, diabetes dan merokok mengurangi angka harapan hidup tertinggi. Menyusul di bawahnya kesehatan mental yang buruk juga berhubungan kuat menurunkan angka harapan hidup.

Hasil ini juga konsisten dengan temuan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) yang menunjukkan adanya peningkatan overdosis dan bunuh diri akibat opioid. Hal ini membebani harapan hidup AS.

Selain itu, laporan yang merupakan bagian dari Healthiest Communities Rankings juga mengurutkan komunitas paling sehat di Amerika.

Douglas County di Colorado menyandang predikat komunitas paling sehat dengan tujuh komunitas masuk dalam top 20 komunitas paling sehat se-Amerika.

Dikutip dari CNBC, tingginya kesehatan di Douglas County terjadi lantaran orang di wilayah itu gemar berolahraga. Selain itu Douglas juga memiliki kualitas lingkungan yang mumpuni.

Wilayah dengan komunitas yang sehat ini rata-rata memiliki kualitas perumahan yang bersih, ancaman dari bahaya lingkungan yang rendah, dan kesehatan yang tinggi.

Sementara komunitas dengan kesehatan yang buruk memiliki tingkat pendidikan, ekonomi, gizi, dan pangan yang rendah.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)