Tips Nikmati Masa Golden Week di Jepang

CNN Indonesia | Sabtu, 06/04/2019 20:22 WIB
Tips Nikmati Masa <i>Golden Week</i> di Jepang Mal Omotesando di Tokyo, Jepang. (AFP PHOTO / Toshifumi KITAMURA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di akhir April hingga awal Mei mendatang penduduk Jepang akan merayakan Golden Week, hari libur nasional yang berlangsung selama sepuluh hari.

Golden Week terdiri dari beberapa hari libur. Pertama Showa Day atau Showa no hi pada 29 April, yang menjadi hari libur nasional dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kaisar Hirohito yang memimpin Jepang dalam Perang Dunia II.

Kedua ada Hari Konstitusi atau Kenpo kinenbi pada 3 Mei, yang memperingati konstitusi Jepang.


Ketiga ada Green Day atau Midori no hi pada 4 Mei, yang memperingati kelestarian lingkungan. Hari libur nasional ini diperkenalkan sejak zaman Kekaisaran Showa.

Lalu yang terakhir ada Hari Anak atau Kodomo no hi atau Tango no Sekku pada 5 Mei, yang memperingati beranjak dewasanya bocah laki-laki di Jepang.

Keluarga yang masih memiliki bocah laki-laki akan menggantung bendera ikan di halaman rumahnya sebagai harapan anaknya mendapat berkah dalam hidup.

Golden Week sebenarnya bukan waktu yang tepat untuk berwisata ke Jepang, karena destinasi wisata populer, seperti Disneyland, bakal diserbu penduduk lokal.

Jalanan dan transportasi umum juga bakal penuh sesak dengan penduduk Jepang yang sedang jalan-jalan.

Tapi bagi yang ingin tetap berwisata di Golden Week ada sejumlah tips yang bisa dilakukan:

1. Waktu Pergi dan Pulang

Golden Week dimulai pada 29 April 2019 dan penduduk Jepang mulai bepergian pada 3 Mei 2019 dan kembali ke rumah mulai 5 atau 6 Mei 2019.

2. Pesan Sebelumnya

Bagi turis dari luar Jepang, sebaiknya mulai melakukan pemesanan segala akomodasi enam atau tiga bulan sebelum Golden Week.

Pemesanan akomodasi termasuk kereta, pesawat, hotel, sampai tur wisata.

3. Siapkan Waktu

Sebagian besar penduduk Jepang akan bepergian di Golden Week. Sabar adalah kunci saat melewati antrean atau kemacetan.

Bepergian lebih pagi bisa menjadi jalan terbaik.

4. Wisata Terdekat

Selama Golden Week ada baiknya mengurungkan niat untuk bepergian terlalu jauh dari tempat penginapan. Cari objek atau atraksi wisata yang sekiranya bisa dijangkau dengan jalan kaki tanpa harus naik kereta atau bus terlalu jauh.

5. Nikmati

Bagi yang suka keramaian, ada banyak festival selama Golden Week. Banyak yang berkata kunjungi Tokyo selama masa ini, karena salah satu kota tersibuk di dunia itu akan lebih lengang.

Kalau malas dengan antrean bisa juga menghabiskan waktu di taman atau bukit.

Golden Week juga menjadi masa terbaik untuk wisata belanja, karena banyak pertokoan di Jepang yang memberikan diskon besar-besaran.

(agr/ard)


BACA JUGA