Hewan-hewan di Kebun Binatang Gaza Mendapat Rumah Baru

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 08/04/2019 13:55 WIB
Hewan-hewan di Kebun Binatang Gaza Mendapat Rumah Baru Singa di Kebun Binatang Gaza, sedang bermain dengan pawang. (Foto: SAID KHATIB / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gaza memang dikenal sebagai kawasan padat konflik lama antara Israel dan Palestina, namun tak hanya manusia saja yang dibuat sengsara oleh situasi ini. Para hewan pun mengalami nasib yang tidak kalah tragis.

Mengutip Reuters, Senin (8/4), setidaknya ada empat ekor singa mati kedinginan, kera-kera saling membunuh akibat stres, dan beberapa landak mati tanpa diketahui penyebabnya. Hewan-hewan malang tersebut merupakan koleksi Kebun Binatang Gaza.

Menyikapi hal ini, sebuah organisasi penyelamat satwa internasional Four Paws, memutuskan untuk memindahkan hewan-hewan di Kebun Binatang Gaza yang tersisa ke Yordania.


Hewan-hewan yang dipindahkan meliputi lima ekor singa, lima kera, empat ekor burung unta, tiga ekor burung merak, dua serigala, dan seekor hyena. Tak hanya hewan-hewan tersebut, bahkan anjing, kucing, rubah, dan tupai juga ikut dipindahkan.

Saat ini hanya burung-burung saja yang dibiarkan berada di sana, dengan kondisi kandang terbuka agar mereka bisa segera bebas.



Pemilik Kebun Binatang Gaza, Fathy Jomaa, menuturkan kondisi buruk ini disebabkan oleh aksi boikot yang dilakukan oleh Israel. Hal ini menyebabkan kondisi perekonomian terpuruk dan berujung pada tidak terbelinya makanan untuk para hewan tersebut.

Sementara itu seorang dokter hewan dari Four Paws, Amir Khalil, menuturkan misi menyelamatkan satwa ke Yordania adalah hal yang harus dilakukan mengingat luas kebun binatang di Gaza semakin mengecil.



"Ini adalah pilihan yang sulit, namun harus dilakukan. Saya merasa seperti kehilangan keluarga yang telah bersama selama puluhan tahun," ujar Joma.

"Saya harap mereka mendapatkan tempat dan kesempatan untuk hidup yang lebih baik."

[Gambas:Video CNN] (agr)