Manfaat Ajaib Konsumsi Apel Secara Rutin

CNN Indonesia | Senin, 08/04/2019 16:24 WIB
Manfaat Ajaib Konsumsi Apel Secara Rutin ilustrasi buah apel (morgueFile/pippalou)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anda tentu ingat ada pepatah yang mengatakan bahwa sebutir apel setiap hari bisa menjauhkan Anda dari dokter. Tak dimungkiri kalau konsumsi apel secara rutin setiap hari dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Apel merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi dan bergizi tinggi.

Buah apel berukuran besar dengan diameter 7 cm, rata-rata mengandung 116 kalori dengan kulitnya. Apel memiliki 31 gr karbohidrat, 5 gr di antaranya merupakan serat, dengan sangat sedikit protein dan lemak.


Apel juga merupakan sumber vitamin yang tinggi. Dalam satu apel juga mengandung mineral kalium yang baik untuk tekanan darah.


Berikut manfaat mengonsumsi apel secara rutin setiap hari.

1. Menjaga berat badan
Kandungan serat yang tinggi dalam apel membuat buah ini baik untuk menjaga berat badan. Dikutip dari Live Strong, berdasarkan penelitian dari Plos One, serta apel yang larut dalam air atau apel dapat menurunkan asupan makanan dan membantu menurunkan berat badan dan lemak tubuh.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa pektin apel dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama dan menjaga berat badan.

2. Kesehatan usus
Konsumsi serat yang cukup berarti kesehatan usus Anda juga akan baik. Konsumsi apel juga berguna untuk menjaga kesehatan usus, menjaga kadar kolesterol, menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Penelitian juga menunjukkan serat yang cukup dapat melindungi tubuh dari kanker usus besar.

Mengonsumsi apel berukuran besar dapat mencukupi hingga 20 persen kebutuhan serat harian.

3. Antioksidan
Apel kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Zat ini dapat melawan beragam penyakit seperti jantung dan kanker. Senyawa antioksidan dalam apel lebih tinggi daripada buah-buahan lain seperti anggur, stroberi, pir, dan jeruk.


Studi yang dipublikasikan di Annals Oncology mendapati bahwa makan satu atau lebih setiap hari membantu melindungi dari berbagai jenis kanker, seperti kerongkongan, payudara, usus besar, dan ovarium.

4. Melindungi otak
Penelitian menunjukkan jus apel dapat bermanfaat untuk kesehatan otak. Jus apel disebut dapat mengurangi penurunan kondisi mental akibat penuaan.

Dikutip dari Healthline, jus apel dapat meningkatkan asetilkolin yang dapat mencegah penyakit otak seperti Alzheimer. Penelitian pada tikus juga menunjukkan, konsumsi apel dapat meningkatkan kemampuan memori seperti di masa muda.

5. Kesehatan jantung
Konsumsi apel rutin setiap hari dikaitkan dengan kesehatan jantung yang membaik. Hal ini terjadi lantaran serat dalam apel dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan baik untuk kardiovaskular.

Apel juga mengandung polifenol, antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah. Asupan ini juga dikaitkan dengan risiko terkena stroke lebih rendah 20 persen. (ptj/chs)