Desain Baju Karl Lagerfield Dilelang Puluhan Juta Rupiah

CNN Indonesia | Senin, 08/04/2019 17:28 WIB
Desain Baju Karl Lagerfield Dilelang Puluhan Juta Rupiah Karl Lagerfeld (REUTERS/Charles Platiau)
Jakarta, CNN Indonesia -- Karya-karya mendiang Karl Lagerfield masih diminati meski sang desainer telah tiada. Sketsa asli hasil rancangan desainer legendaris Chanel ini bakal dilelang dengan harga mencapai puluhan juta rupiah, di Florida, Amerika Serikat, akhir bulan ini.

Tercatat, lebih dari 125 sketsa dan portfolio Lagerfeld sejak 1960 akan dilelang untuk umum. Sketsa ini merupakan hasil guratan tangan Lagerfeld sejak dia bekerja di awal kariernya di Roma hingga menjadi desainer kenamaan Chanel dan Fendi.

Dua sketsa yang bernilai jual tinggi adalah rancangan gaun Lagerfeld untuk bintang Hollywood Elizabeth Taylor. Sketsa ini diperkirakan masing-masing bakal terjual senilai US$1.000 hingga US$3.000 atau sekitar Rp15 juta hingga Rp42 juta.


Koleksi portfolio lain juga diperkirakan akan laku terjual puluhan juta rupiah dengan harga paling rendah dibuka US$500 atau Rp7 juta.


Lelang ini digelar oleh Urban Culture Auctions bekerja sama dengan Palm Beach Modern Auctions. 

"Sketsa-sketsa ini adalah karya salah satu perancang paling brilian selama setengah abad terakhir. Mereka sangat langka dan mungkin tidak akan selamat seandainya tetap berada di tangan Lagerfeld," kata pemilik Urban Culture Auctions Rico Baba, dikutip dari Independent.

Boleh dibilang sketsa ini merupakan koleksi langka lantaran Lagerfeld terkenal sering membuang sketsa yang sudah dibuatnya.

"Saya membuang semuanya. Perabotan yang paling penting di sebuah rumah adalah tong sampah. Saya tidak menyimpan arsip saya, tidak ada sketsa, tidak ada foto, tidak ada pakaian, tidak apa satu pun," kata Lagerfeld dalam sebuah wawancara dengan The New Yorker pada 2007 lalu.

Lagerfeld merupakan desainer ikonis asal Jerman yang meninggal di Paris, Prancis 19 Februari dalam usia 85 tahun. Lagerfeld diberi kepercayaan menjabat desainer kreatif rumah mode Chanel dan Fendi seumur hidup.  (ptj/chs)