Pemburu Liar Tewas Diinjak Gajah Lalu Dimakan Singa

AFP, CNN Indonesia | Senin, 08/04/2019 18:21 WIB
Pemburu Liar Tewas Diinjak Gajah Lalu Dimakan Singa Ilustrasi. (kpgolfpro/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang tersangka pemburu badak diinjak-injak sampai mati oleh seekor gajah dan tubuhnya dimakan oleh singa di Taman Nasional Kruger Afrika Selatan, kata pemerintah setempat, Senin (8/4).

Polisi Afrika Selatan telah menemukan tengkorak lelaki itu di cagar alam Kruger yang luas, yang masih dihantui kasus perburuan liar sepanjang tahun.

Menurut seorang juru bicara taman, penjaga hutan langsung melakukan pencarian setelah mendapat laporan dari kaki tangan korban bahwa kawannya mati secara naas.


Jenazah lelaki itu ditemukan pada hari Kamis (4/4) setelah pencarian selama dua hari dengan metode penjelajahan dan pesawat terbang, bersama penjaga hutan, polisi, beserta anggota kelompok pemburu liar yang tersisa.

"Polisi menemukan tulang belulang di salah satu area. Itu adalah satu-satunya bagian yang tersisa dari almarhum," kata juru bicara taman nasional Kruger Isaac Phaahla kepada AFP.

Dia mengatakan sebagian tubuh korban kemungkinan telah disantap singa.

"Tetapi keluarga korban tetap bersyukur bahwa setidaknya mereka memiliki tulang untuk dikuburkan," kata Phaahla.

Empat anggota kelombok pemburu liar telah ditangkap dan diperkirakan akan diadili pada minggu ini.

Permintaan akan cula badak telah menempatkan Afrika di pusat krisis perburuan dan perdagangan global.

Afrika Selatan, yang merupakan rumah bagi sekitar 80 persen populasi badak dunia, telah mengalami dampak paling parah, dengan banyak perburuan liar terkonsentrasi di Taman Nasional Kruger.

Pada tahun 2018, 769 badak diburu di Afrika Selatan saja, menurut data dari Kementerian Lingkungan. Lebih dari 7.100 hewan telah dibunuh selama dekade terakhir di Afrika Selatan.

[Gambas:Video CNN]
(ard)