Jangan Lupakan Area Mata Saat Oles Tabir Surya

CNN Indonesia | Rabu, 10/04/2019 07:47 WIB
Jangan Lupakan Area Mata Saat Oles Tabir Surya ilustrasi tabir surya (Istockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Area mata sering kali luput saat mengaplikasikan tabir surya di wajah. Padahal, bagian ini penting untuk mendapatkan perlindungan agar terhindar dari risiko kanker kulit.

Penelitian dari University of Liverpool menemukan bagian di sekitar mata sering kali terlewatkan saat mengoleskan tabir surya ber-SPF merupakan area kulit yang paling rentan terkena kanker kulit. 

Pasalnya, bagian ini memiliki kulit yang tipis sehingga rentan terhadap banyak ancaman termasuk kanker kulit. Kulit di sekitar mata dapat terbakar atau terkena radiasi dengan mudah dibandingkan kulit bagian lainnya.


Studi yang dipublikasikan di PLos One ini menganalisis pemakaian tabir surya pada 84 orang yang terdiri dari 62 perempuan dan 22 laki-laki. 


Partisipan diminta untuk mengambil foto dengan kamera UV-sensitif untuk mengidentifikasi wajah setelah memakai tabir surya. Mereka juga diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan mengenai kebiasaan memakai tabir surya. Peneliti menemukan mayoritas bagian di sekitar mata tidak tertutup sempurna oleh tabir surya. 

"Saat menggunakan tabir surya dan pelembap, area di sekitar mata sering terlewatkan, terutama di dekat hidung. Peserta menutupi area wajah yang lebih kecil saat menggunakan pelembap dibandingkan dengan tabir surya," kata peneliti, dikutip dari Independent

Para peneliti menyimpulkan bahwa pengguna tabir surya harus lebih banyak memberi perhatian pada area mata. Selain tabir surya ber-SPF,  kacamata hitam juga dapat digunakan untuk mencegah kanker kulit.

"Metode alternatif untuk melindungi mata seperti kacamata hitam UV filter," kata peneliti. (ptj/chs)


BACA JUGA