Bullying Jadi Masalah Serius Kesehatan Masyarakat

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 10/04/2019 13:04 WIB
<i>Bullying</i> Jadi Masalah Serius Kesehatan Masyarakat Ilustrasi (Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang siswa SMP di Pontianak, Kalimantan Barat, Audrey menjadi korban perundungan. Dia menjadi korban pengeroyokan sejumlah siswa SMA. Tak ayal, kasus bullying ini langsung menghebohkan dunia maya dengan tar #JusticeForAudrey.

Kasus penindasan yang dialami Audrey bukan hal baru. Psikolog anak, Mira Amir, menilai bahwa perundungan menjadi masalah kesehatan masyarakat yang serius dan tak bisa dianggap remeh.

"Yang kita temui ini hanya puncak gunung es saja, yang tidak terungkap banyak. Bullying ini masalah serius, jangan pernah anggap enteng," kata Mira yang fokus menangani isu bullying pada anak, kepada CNNIndonesia.com, Rabu (10/4)


Laporan dari National Academies of Science, Engineering and Medicine pada 2017 lalu juga mengklasifikasikan bullying atau perundungan sebagai masalah kesehatan masyarakat serius yang terjadi di seluruh dunia.

Dikutip dari CNN, penelitian menunjukkan sekitar 18-31 persen anak terkena dampak perundungan. Sebanyak 7-15 persen anak juga mengalami cyberbullying atau penindasan yang dilakukan melalui dunia maya. Jumlah ini diperkirakan terus meningkat.

Perundungan, kata Mira, banyak dilakukan oleh anak-anak. Baik secara fisik atau mental, perundungan dapat menimbulkan dampak yang signifikan bagi korban.

"Kadang sulit ditemukan buktinya [dampak], terutama secara mental. Namun, si korban mendapatkan dampaknya secara signifikan," jelas Mira.

Dampak yang ditimbulkan perundungan terjadi dalam beberapa tingkatan. Perundungan dapat menurunkan motivasi seorang anak bersekolah, menghambat prestasi, meningkatkan agresivitas anak, hingga menimbulkan depresi. Pada tingkatan paling parah, perundungan dapat memunculkan keinginan bunuh diri pada anak.

Deretan dampak ini, kata Mira, bersifat traumatis hingga harus ditangani sesegera mungkin. Penanganan dini dapat mencegah rusaknya kepribadian dan masa depan anak.

"Kalau tidak tertangani dengan baik, signifikan pengaruhnya di masa depan karena mereka masih muda dan emosinya tertahan," ucap Mira.

Mira menyarankan agar orang tua dapat mendeteksi bullying pada anak dan mengambil tindakan yang tepat seperti memperbaiki pola asuh dan komunikasi. Perhatian dan kasih sayang merupakan cara tepat untuk melawan perundungan. Meminta bantuan profesional seperti psikolog juga dapat dilakukan untuk menangani kasus serupa Audrey pada anak.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)