FOTO: Pasangan Kembar di Seantero Kota Igbo Ora

REUTERS, CNN Indonesia | Rabu, 10/04/2019 17:34 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Igbo Ora, salah satu kota di barat daya Nigeria, dikenal sebagai salah satu kota dengan populasi anak kembar tertinggi di dunia.

Igbo Ora, salah satu kota kecil di barat daya Nigeria terkenal dengan anak-anaknya yang terlahir kembar. (REUTERS/Afolabi Sotunde)
Kelahiran anak kembar adalah ihwal lumrah bagi kelompok etnis Yoruba, yang mendominasi penduduk Igbo Ora. (REUTERS/Afolabi Sotunde)
Melansir Reuters, studi ilmuwan Inggris pada tahun 1970-an menemukan sekitar 50 pasang anak kembar lahir dari setiap 1.000 kelahiran di Igbo Ora. (REUTERS/Afolabi Sotunde)
Dalam budaya Yoruba, setiap anak kembar yang lahir punya nama tersendiri. Nama itu adalah Taiwo dan Kehinde, tergantung pada apakah mereka dilahirkan pertama atau kedua. (REUTERS/Afolabi Sotunde)
Rebusan daun okra punya posisi penting yang harus segera diminum dan tak pernah disimpan lama. Daun itu dipercaya sebagai penyebab kelahiran kembar di seantero kota. (REUTERS/Afolabi Sotunde)
Teori lain menyebutkan hidangan lokal Amala yang terbuat dari ubi dan tepung singkong. Konon, ubi rambat mendorong produksi gonadotropin, zat kimia yang merangsang produksi sel telur. (REUTERS/Afolabi Sotunde)
Namun, kebenaran kedua teori yang dipercaya masyarakat lokal itu ditolak oleh ahli ginekologi Ekujumi Olarenwaju. Salah satu alasan yang masuk akal, kata dia, sifat genetik yang diturunkan dari orang tua kepada anak. (REUTERS/Afolabi Sotunde)


ARTIKEL TERKAIT