Phuket Larang Aksi Selfie Menjelang Pesawat Mendarat

CNN Indonesia | Rabu, 10/04/2019 19:01 WIB
Phuket Larang Aksi Selfie Menjelang Pesawat Mendarat Pantai Mai Khao di Phuket, Thailand. (Istockphoto/Southtownboy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Area keselamatan akan dibangun di dekat Bandara Internasional Phuket, demi menghalau turis yang nekat berfoto dengan latar belakang pesawat terbang yang hendak mendarat.

Dikutip dari Bangkok Post, selama ini turis Pantai Mai Khao ramai berkumpul demi mendapatkan foto dengan latar belakang pesawat terbang yang akan mendarat. Semakin dekat pesawat dengan daratan maka foto dianggap bagus. 

Namun aksi ini berbahaya bagi keselamatan, karena mesin pesawat bisa menghempas orang yang berada terlalu dekat dengannya.


Pemerintah Thailand berencana membangun area terpisah, yang boleh didatangi untuk berfoto dan terlarang didatangi, sekaligus menerapkan aturan terkait berfoto dengan pemandangan unik ini.

"Orang-orang dilarang masuk area terlarang untuk berfoto," kata pimpinan Bandara Internasional Phuket, Wichit Kaeothaithiam, seperti yang dikutip dari Channel News Asia pada Rabu (10/4).

Ia menambahkan kalau industri pariwisata dan keamanan harus berkesinambungan.

Wichit juga mengingatkan agar orang yang tinggal sekitar 9 kilometer di bandara tidak nekat menerbangkan kamera drone dan menyalakan lampu yang sekiranya bisa mengaburkan pandangan pilot pesawat terbang.

Kasus turis yang tewas terhempas pesawat saat selfie pernah terjadi di Pantai Maho, Karibia, yang bersebelahan dengan Bandara Princess Juliana pada tahun 2017.

Aksi berbahaya tersebut telah lama dilarang oleh pemerintah setempat. Namun, masih ada turis yang menganggap kalau aturan dibuat untuk dilanggar.

Dilansir dari Travel and Leisure, seorang turis wanita jatuh dari pagar dan tewas ditempat setelah terhempas angin mesin jet pesawat yang melakukan pendaratan.

Berada di utara Phuket, Pantai Mai Khao yang berpasir putih terbentang sejauh 11 kilometer. Pantai ini merupakan bagian dari Taman Nasional Sirinat.

Pantai berpemandangan indah ini berbatasan langsung dengan Laut Andaman. Di bulan Mei sampai November ombak di sini terbilang ganas.

Beberapa hotel yang bisa diinapi di Pantai Mai Khao ialah Seaside Cottages & Restaurant, Phuket Campground, Marrriott's Mai Khao Beach, Anantara Mai Khao, dan Marriott's Phuket Beach Club.

[Gambas:Video CNN]
(agr/ard)