Rekor Dunia, Pizza dengan Topping 154 Jenis Keju

CNN Indonesia | Kamis, 11/04/2019 10:33 WIB
Rekor Dunia, Pizza dengan Topping 154 Jenis Keju ilustrasi pizza (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pizza biasanya hanya berisi satu atau dua jenis keju saja. Namun, pizza yang dibuat di Melbourne, Australia ini berisi lebih dari 100 jenis keju.

Tak tanggung-tanggung, pizza racikan Johnny di Francesco di restoran 400 Gradi ini terbuat dari campuran 154 varian keju. Hal ini membuat pizza Francesco ini menjadi pizza dengan varian keju paling banyak di dunia.

Ide tak biasa ini muncul saat Francesco melihat berita mengenai pemegang rekor pizza dengan varian keju terbanyak di dunia yakni 111 keju. Francesco merasa ia bisa memecahkan rekor tersebut karena sebelumnya pernah membuat racikan pizza dari 99 varian keju.


Ketika berhasil membuat racikan 99 jenis pizza itu, Francesco langsung memasukkan ke dalam menu 400 Gradi.


"Kami mendapat respons yang luar biasa para pelanggan, mereka mengajukan petisi untuk menjadikannya menu permanen. Sejak itu, kami memutuskan untuk menaikkan taruhan dan membuat pizza 154 keju," kata Francesco, dikutip dari situs resmi Guinness World Records.

Menurut Francesco, pizza dengan 154 keju ini merupakan suatu tantangan kuliner tersendiri. Dia mesti memastikan bahwa setiap keju berbeda satu sama lain. Di sisi lain, keju itu juga harus memiliki rasa yang dapat menyatu.

"Varietas keju ini termasuk gorgonzola, pecorino, Taleggio, cheddar tua, gouda banyak lagi," ungkap Francesco.

Francesco menetapkan takaran setiap keju itu masing-masing hanya 1 gram saja dan dilelehkan. 

Sekilas pizza ini tampak seperti pizza keju biasanya, tak ada tambahan topping lain, selain saus. Pizza ini disebut sudah kaya rasa dari 154 varian keju.


"Banyak yang benar-benar kagum tentu saja. Menonton ekspresi wajah pelanggan ketika mereka menggigit pertama kali, itu tak ternilai harganya," ucap Francesco. 

Pizza 154 keju ini berhasil menarik perhatian pelanggan. Total, dalam lima hari, pizza ini sudah terjual sebanyak 797 loyang. (ptj/chs)