Redam Penyakit dengan Teknik Akupunktur Tanpa Jarum

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 15:47 WIB
Redam Penyakit dengan Teknik Akupunktur Tanpa Jarum Ilustrasi akupresur (Istockphoto/skynesher)
Jakarta, CNN Indonesia -- Teknik akupunktur lazim dilakukan untuk membantu pengobatan penyakit. Namun, tak semua orang bisa berkawan dengan jarum.

Agar akupunktur tetap berjalan tanpa mengkhawatirkan rasa ngilunya tusukan jarum, Anda bisa mencoba teknik akupresur. Prinsipnya sama seperti akupunktur dengan memusatkan tekanan pada beberapa titik bagian tubuh. Bedanya, pada akupresur, penekanan menggunakan bantuan jari.

"Sebenarnya ini [akupresur] menekan titik pada tubuh kita dengan telunjuk, jempol, atau jari tangan lainnya," ujar Direktur Kesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan, Ina Rosalina, dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.


Penekanan pada titik tertentu tubuh memberikan aneka manfaat untuk tubuh, antara lain:

Meningkatkan daya tahan tubuh. Seseorang dianjurkan untuk menekan titik pada empat jari di bawah tempurung lutut. Lakukan sebanyak 30 kali. Kemudian dilanjutkan pada punggung tangan antara telunjuk dan ibu jari.

Meningkatkan vitalitas. Tekan titik pada atas mata kaki bagian dalam. Titik ini tepatnya pada empat jari di atas mata kaki.

Mengurangi keinginan merokok. Ada empat titik yang perlu ditekan untuk upaya yang satu ini. Pertama, tekan titik pada punggung tangan, antara telunjuk dan ibu jari. Kedua, tekan titik letaknya dua jari di atas pergelangan tangan segaris dengan ibu jari. Ketiga, tekan satu titik pada telinga. Dan keempat, di atas punggung kaki.

Aktivitas menekan pada titik tertentu untuk melancarkan energi vital agar tubuh dapat menjalankan fungsinya.

Selain manfaat di atas, akupresur dapat meningkatkan kebugaran, mengurangi rasa nyeri, dan mengurangi stres.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)