HARI BAWA BEKAL NASIONAL

4 Manfaat Bawa Bekal Makan dari Rumah

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 13:14 WIB
4 Manfaat Bawa Bekal Makan dari Rumah Ilustrasi (CNN Indonesia/Laudy Gracivia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jangan lupa membawa bekal saat beraktivitas. Kebiasaan sederhana dengan membawa bekal dari rumah menawarkan banyak manfaat.

Hari ini merupakan waktu yang tepat untuk memulai kebiasaan membawa bekal lantaran bertepatan dengan Hari Bawa Bekal Nasional.

Hari Bawa Bekal Nasional merupakan peringatan tahunan yang jatuh setiap 12 April. Peringatan Hari Bawa Bekal Nasional sudah dirayakan sejak 2013 lalu. Hari ini diprakarsai oleh sebuah perusahaan multinasional peralatan rumah tangga dengan menggandeng Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).


Hari Bawa Bekal Nasional digagas sebagai kampanye untuk meningkatkan kepedulian terhadap pemenuhan gizi dan kualitas makanan yang baik.

Membawa bekal dari rumah memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan juga keuangan. Berikut merupakan manfaat membawa bekal.

1. Lebih higienis
Meracik bekal sendiri menjamin kebersihan yang lebih higienis ketimbang harus membeli makanan dari luar. Makanan yang dijajakan di luaran rentan terhadap paparan mikroba seperti bakteri dan virus yang menyebabkan berbagai penyakit.

Makanan yang lebih bersih juga bisa berarti tubuh mendapatkan nutrisi maksimal.

2. Lebih aman
Bekal dari rumah terbuat dengan bahan-bahan yang lebih aman dan terjamin. Sedangkan, makanan yang dijual bebas dapat mengandung penambahan zat lain seperti pewarna dan pemanis buatan, penyedap rasa, serta kandungan gula, garam, dan lemak yang berlebihan.

Zat-zat ini jika dikonsumsi berlebihan dapat memicu berbagai macam penyakit seperti obesitas, kolesterol, dan tekanan darah tinggi.

3. Nutrisi yang lengkap
Membawa bekal berarti dapat meracik sendiri beragam menu makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi, dibandingkan membeli dari luar dengan porsi yang tak bisa diatur.

Pedoman gizi seimbang dari Kementerian Kesehatan merekomendasikan dalam satu piring terdiri dari karbohidrat, sayuran, lauk-pauk untuk protein, dan buah-buahan.

4. Lebih hemat
Membawa bekal sendiri dapat menghemat keuangan karena akan jauh lebih murah daripada harus membeli di warung makan. Dengan biaya yang irit, Anda sudah dapat membawa bekal untuk seluruh anggota keluarga.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA