Jajak Pendapat Ungkap Anak Bungsu Lebih Disukai Orang Tua

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/04/2019 08:55 WIB
Jajak Pendapat Ungkap Anak Bungsu Lebih Disukai Orang Tua Ilustrasi (AdinaVoicu/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perasaan iri terkadang muncul dalam hubungan kakak beradik. Anak sulung merasa kasih sayang orang tua lebih tercurahkan pada si bungsu. Begitu juga sebaliknya.

Teori itu tampaknya benar. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Mumsnet dan Gransnet--dua situs parenting--menemukan sebagian besar orang tua lebih menyukai anak bungsu ketimbang anak lainnya.

Jajak pendapat ini dilakukan pada lebih dari 1.000 pengguna Mumsnet yang memiliki anak dan pengguna Gransnet yang memiliki cucu.


Hasilnya, sebanyak hampir seperempat peserta survei mengaku punya anak favorit. Sebanyak 61 persen peserta menyukai anak bungsu. Sementara sebanyak 26 persen menyukai anak sulung.

Anak bungsu disukai lantaran rata-rata peserta survei merasa anak lain--sulung atau tengah--lebih sulit diatur atau senang menuntut.

Sebanyak 41 persen dari mereka yang menyukai anak bungsu mengaku bahwa anak favoritnya ini mengingatkan akan diri mereka sendiri. Anak bungsu juga disukai karena dianggap lebih sering membuat mereka tertawa.

Selain itu, survei juga menemukan bahwa sebagian orang tua merasa memiliki anak favorit adalah sesuatu yang kejam. Mereka meyakini hal itu bisa berdampak negatif pada anak yang lain.

"Favoritisme adalah salah satu tabu dan dapat memancing banyak kesalahan. Penting untuk mengatakan bahwa memberikan kasih sayang untuk anak tertentu tak harus jadi bencana," ujar pendiri Gransnet, Justine Roberts, mengutip The Independent.

Kebiasaan ini, lanjut Roberts, akan menjadi racun jika anak-anak menyadari perlakuan tidak adil ini berlangsung dalam waktu lama.

Riset membuktikan bahwa banyak orang tua mencintai anak mereka dalam kadar berbeda. "Namun yang terpenting adalah untuk mencintai mereka secara total," kata Roberts.

Favoritisme, lanjut dia, akan menjadi racun jika anak-anak menyadari perlakuan tidak adil ini berlangsung dalam waktu lama. Dari riset membuktikan bahwa banyak orang tua mencintai anak mereka dalam kadar berbeda. "Namun yang terpenting adalah untuk mencintai mereka secara total," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)