Petunjuk Sebelum Melakukan Ekstensi Bulu Mata

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 19/04/2019 08:35 WIB
Petunjuk Sebelum Melakukan Ekstensi Bulu Mata Ilustrasi (REUTERS/Yuriko Nakao)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mata adalah jendela hati. Itu jadi salah satu alasan di balik perlakuan khusus untuk sepasang indera penglihatan. Tak heran banyak wanita beramai-ramai merawat kecantikan mata, termasuk salah satunya bulu mata.

Bulu mata kerap jadi sorotan. Solusi umum mempercantik bulu mata adalah maskara dan bulu mata palsu. Namun, kedua cara itu tak berfungsi maksimal. Berbagai faktornya membuat keduanya kurang gereget dalam mempercantik bulu mata.

Kini, wanita mulai melirik eyelash extention. Nama terakhir merupakan teknik penanaman bulu mata palsu.


Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke salon atau klinik kecantikan untuk mempercantik bulu mata dengan penanaman, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Ekstensi bukan bulu mata palsu temporer
Ekstensi bulu mata berbeda dengan bulu mata palsu. Jika bulu mata palsu direkatkan pada garis mata secara temporer, ekstensi dilakukan dengan menempelkannya pada bagian atas bulu mata asli.

Ahli kecantikan di New York, Amerika Serikat, Andra Ciulei mengatakan bahwa bulu mata ekstensi tan berupa lembaran bulu mata siap pasang. Tenaga profesional akan memasangnya helai demi helai sehingga pilihan panjang dan bentuk bisa disesuaikan dengan selera.

Jika perawatan dilakukan secara tepat, bulu mata ekstensi bisa bertahan hingga 6-8 pekan. Mereka akan jatuh atau copot layaknya bulu mata asli.

2. Pilih tempat yang tepat
Ada harga, ada rupa. Tergiur harga murah malah menghasilkan ekstensi yang tidak sesuai keinginan dan berisiko infeksi.

Perhatikan pula cara kerja pekerja salon atau tenaga profesional. Pastikan mereka mencuci tangan sebelum menangani klien, mengenakan masker, penjepit disterilisasi, dan menggunakan sikat bulu mata sekali pakai. Jika tidak, Anda layak bertanya.

Saat membuat janji, tanyakan bahan perekat bulu mata yang mereka gunakan jika perlu. Segera batalkan janji jika bahan lem yang mereka gunakan adalah formaldehyde. Bahan ini merupakan iritan mata yang bisa menyebabkan kemerahan, iritasi, gatal, dan kelopak mata bengkak.

"Lem yang dibuat [untuk menanam bulu mata ekstensi] dengan butylcyanoacrylate dan octylcyanoacrylate, mereka tidak begitu beracun buat area mata," kata ahli optalmologi di Baylor College of Medicine, Zaina Al-Mohtaseb.

3. Cermat memilih tipe bulu mata ekstensi
Siapa yang tak ingin punya bulu mata ala Kim Kardashian? Sepertinya tanpa sentuhan maskara, bulu matanya tetap indah dan siap 'tempur' setiap saat.

Namun tak semua wanita bisa mengaplikasikan bulu mata ala istri Kanye West ini. Ciulei mengatakan, bulu mata ekstensi akan disesuaikan dengan panjang dan kekuatan bulu mata asli.

"Menggunakan bulu mata yang terlalu panjang atau terlalu tebal bisa merusak bulu mata asli jika digunakan dalam waktu panjang, jadi Anda harus memastikan ekstensi tidak terlalu panjang atau tebal dari bulu mata asli," jelasnya.

4. Menjauh dari maskara

Ciulei tidak merekomendasikan pengaplikasian maskara setelah bulu mata ekstensi terpasang. Bulu mata yang sudah menempel berisiko rusak akibat gesekan dan pembersih makeup.

Namun, Anda dipersilakan menggunakan eyeliner. Jangan gunakan eyeliner bentuk krim. Pasalnya, krim mengandung minyak dan lilin yang bisa merusak lem bulu mata.

Di samping itu, cuci wajah Anda dengan lembut. Hindari menggosok terlalu keras apalagi di bagian mata. Gunakan pembersih makeup yang tidak mengandung minyak. Agar tidak kusut, sisir bulu mata secara teratur setiap setelah mandi.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)