Ratusan Juta Telur Terbuang Percuma Setiap Tahun

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 20:15 WIB
Ratusan Juta Telur Terbuang Percuma Setiap Tahun Ilustrasi (Raw Pixel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telur merupakan salah satu makanan yang paling banyak terbuang sepanjang tahun. Penelitian terbaru di Inggris bahkan menunjukkan 720 juta telur terbuang secara percuma setiap tahunnya.

Studi yang dilakukan aplikasi limbah makanan Too Good To Go mengungkapkan, ratusan juta telur yang terbuang itu menimbulkan kerugian sebesar 139 juta poundsterling atau mencapai Rp2,5 triliun.

Penetian ini juga mendapati 29 persen rumah tangga di Inggris membuang telur karena telah melewati tanggal terbaik konsumsi, meskipun sebenarnya masih aman untuk dimakan.


Undang-Undang Uni Eropa menetapkan pencatuman tanggal terbaik dikonsumsi maksimum untuk telur adalah 28 hari setelah ditetaskan.

Namun, pada 2011 lalu, badan pengawas makanan menyatakan konsumen tak perlu membuang telur tersebut jika sudah melewati batas terbaik konsumsi karena sebenarnya telur masih segar sampai dua hari setelah itu.

"Jika Anda membuang telur Anda di tempat sampah berdasarkan tanggal pada kotak itu, Anda telah membuang makanan yang sangat baik," kata founder Too Good To Go Jamie Crummie, dikutip dari The Independent.

Selain itu, penelitian ini juga mendapati hanya 23 persen masyarakat saja yang mengetahui cara mengecek telur masih segar dan aman untuk dikonsumsi.

Cara sederhana ini terbukti ampuh untuk mengetahui kesegaran telur. Berikut merupakan cara mudah untuk mengetahui telur yang aman dikonsumsi.

1. Masukkan telur dalam mangkuk yang berisi air dingin.
2. Jika telur sangat segar, ia akan tenggelam dan berbaring miring.
3. Jika telur segar tetapi sudah mendekati kadaluwarsa, telur akan tenggelam tapi berdiri tegak.
4. Jika telur tidak segar atau sudah busuk, ia akan mengambang ke permukaan.

Telur mengambang karena semakin tua usia telur semakin banyak kantung udara yang terdapat di dalamnya.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)