Wisata Teduh di Kings Park and Botanic Garden

CNN Indonesia | Sabtu, 13/04/2019 12:44 WIB
Wisata Teduh di Kings Park and Botanic Garden Kings Park and Botanic Garden. (Detikcom/Ahmad Masaul Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perth bukan cuma menawarkan wisata kongko dan belanja. Di kota ini turis bisa berwisata alam sambil menikmati teduh pepohonan di Kings Park and Botanic Garden.

Kings Park and Botanic Garden memiliki luas 4,06 km persegi, yang disebut mengalahkan luasnya Central Park di New York, Amerika Serikat.

Di taman ini pengunjung bebas beraktivitas. Area rumput di sekitar State War Memorial dan Fraser Avenue merupakan tempat favorit piknik menikmati senja.


Dari area ini pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Sungai Swan dan Canning yang dibingkai oleh pemandangan gedung-gedung kota Perth. Sungguhlah fotogenik.

Wisata Teduh di Kings Park and Botanic GardenTaman yang teduh dan fotogenik untuk berfoto. (Detikcom/Ahmad Masaul Khoiri)

Jembatan pejalan kaki yang melengkung dan terbuat dari baja serta kaca juga menjadi area wajib berfoto di sini. Menggantung 52 meter di atas permukaan tanah, jembatan ini ada di atas kanopi pohon.

Tidak ada biaya masuk jembatan Lotterywest Federation Walkway ini. Jam bukanya dari pukul 09.00 sampai 17.00.

Wisata Teduh di Kings Park and Botanic GardenJembatan di kanopi pohon. (Detikcom/Ahmad Masaul Khoiri)

Kings Park and Botanic Garden merupakan habitat bagi tanaman yang telah berusia lebih dari 750 tahun.

Pepohonan Boab dan semak Aborigin menjadi objek wisata yang bisa dinikmati di sini. Pepohonan yang tumbuh di tanah suku Aborigin Kimberley itu diangkut sejauh 3.200 kilometer dari wilayah Kimberley Australia Barat pada tahun 2008.

Australia Barat adalah rumah bagi lebih dari 12.000 spesies bunga liar. Bunga-bunga itu disatukan dalam area taman yang bisa dikunjungi.

Bebungaan liar di area ini bakal bermekaran di musim semi, sekitar bulan September sampai November.

Terdapat juga tur jalan kaki yang bakal memperkaya wawasan pengunjung akan sejarah hijau taman ini. Tur berangkat setiap hari pukul 10.00, 12.00 dan 14.00.

Pengunjung dapat menemui pemandu di luar galeri dan toko Aspects of Kings Park, di dekat Fraser Avenue.

Tur ini berlangsung antara satu hingga tiga jam dan tidak memerlukan pemesanan terlebih dulu.

Cara Menuju Kings Park and Botanic Garden

Kings Park and Botanic Garden berada tepat di pusat kota Perth dan dapat dicapai dengan naik bus gratis.

Turis dapat menempuhnya selama lima menit dari Kota Perth (setiap bus yang melewati St Georges Terrace menuju ke sana). Taman ini memiliki 2 halte bus Transperth.

Jika mengemudi mobil, parkirlah di Fraser Avenue. Bagi yang ingin mengelilingi taman seluas 400 hektar ini ada persewaan sepeda. 

Musim semi menjadi waktu terbaik untuk datang ke Kings Park and Botanic Garden. Hari-hari pada musim semi biasanya hangat dan cerah, dengan suhu rata-rata yang berkisar antara 11,7-23°C. Curah hujan cukup rendah pada musim ini.

Beberapa aturan berkunjung di taman ini ialah dilarang bersepeda di jalur pejalan kaki, dilarang menginjak atau memetik tanaman, serta dilarang membuang sampah sembarang. (agr/ard)


BACA JUGA