London Suguhkan Cerita Pendek untuk Wisatawan

CNN Indonesia | Senin, 15/04/2019 14:01 WIB
London Suguhkan Cerita Pendek untuk Wisatawan Ilustrasi. (Foto: Dok. Olivia Drost)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mesin jual otomatis, atau yang akrab dikenal dengan istilah Vending Machine, kerap diasosiasikan dengan minuman ringan. Tak heran jika mesin ini sangat mudah ditemukan di lokasi keramaian, termasuk objek wisata.

Namun sebuah inovasi untuk vending machine di London, yang ditujukan oleh para penggemar kegiatan membaca.

Alih-alih mengeluarkan minuman, sebuah mesin jual otomatis di kawasan Canary Wharf justru mengeluarkan kertas menyerupai struk yang berisi cerita pendek.


Mengutip Lonely Planet, Senin (15/4), hal ini 'dilakukan' untuk menemani para pengguna commuter agar tidak merasa jenuh dan terpaku pada layar gawai.

Untuk teknisnya, calon pembaca bisa memilih jenis cerita pendek yang bisa dilumat dalam waktu satu, tiga, atau lima menit. Tergantung dari kebutuhan calon pembacanya.

Terkait kertas yang digunakan, pihak penyedia sudah mengantisipasinya dengan menggunakan kertas ramah lingkungan.

Rencananya mesin ini disebarkan ke kawasan Inggris lainnya, mengingat sebuah riset menunjukkan kemampuan membaca orang dewasa di Inggris menurun sebanyak 36 persen.

Rupanya hal ini bukan yang pertama kali diaplikasikan, perusahaan penyedia asal Prancis ini sudah meletakkan mesin ini di 200 lokasi mulai dari Paris, San Francisco, hingga Hong Kong.

Untuk bisa menikmati 'suguhan' ini, calon pembaca tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Biasanya mesin ini diletakkan di kawasan stasiun, ruang tunggu, dan kampus. Hal ini dilakukan agar minat membaca warga bisa kembali meningkat.

Hingga saat ini, sudah ada sekitar 8.000 cerita dari penulis independen yang tersedia di mesin ini. Diperkirakan sudah lebih dari 19 ribu pembaca yang menggunakan fasilitas ini.

[Gambas:Video CNN]
(agr/ard)