FOTO: Mandi Berendam dalam Minyak Azerbaijan

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 09:10 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Minyak di barat laut Azerbaijan dipercaya bermanfaat bagi kesehatan. Terapi mandi minyak jadi yang ditawarkan pada pendatang.

Di salah satu sudut barat laut Azerbaijan, orang-orang merendam tubuhnya di dalam minyak mentah. Kota Naftalan menawarkan terapi kesehatan berupa mandi minyak. (Photo by Mladen ANTONOV/AFP)
Salah satunya adalah di Pusat Kesehatan Sehirli. Di sana tersedia bak mandi besar berisi minyak mentah yang siap menemani mandi Anda. (Photo by Mladen ANTONOV/AFP)
Sulfiya, seorang wanita Rusi berusia 60 tahun, melakukan perjalanan ke Azerbaijan demi menikmati sensasi mandi minyak mentah. Dia berharap terapi bisa membebaskan dirinya dari penyakit sendi, polyarthritis. (Photo by Mladen ANTONOV/AFP)
Minyak lokal yang ada di Naftalan tak ramah untuk penggunaan komersial. Namun, minyak dipercaya bermanfaat bagi kesehatan sejak dahulu kala. (Photo by Mladen ANTONOV/AFP)
Minyak Naftalan dikenal ampuh meringankan lebih dari 70 penyakit kulit, sendi, dan tulang. Minyak juga digunakan sebagai desinfektan dan melawan peradangan. (Photo by Mladen ANTONOV/AFP)
Sejak sumur minyak pertama digali pada 1847 silam, Azerbaijan telah kelimpahan banyak minyak. Lebih dari 170 tahun kemudian, minyak mentah masih menjadi sumber daya negara paling berharga. (Photo by Mladen ANTONOV/AFP)