Manfaat Sehat Tidur 8 Jam Sehari

CNN Indonesia | Selasa, 16/04/2019 23:33 WIB
Manfaat Sehat Tidur 8 Jam Sehari ilustrasi kurang tidur (CNN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidur mungkin terlihat sepele, namun kenyataannya kurang tidur bisa berakibat bahaya.

Bayangkan saja besok sudah saatnya menentukan pilihan di Pemilu 2019 tetapi malamnya kurang tidur. Konsentrasi bisa terganggu padahal surat suara untuk anggota legislatif ukurannya besar dan hanya mencantumkan deret nama tanpa foto.  

Kalau malamnya kurang tidur, ada kemungkinan suara bisa tidak sah atau yang dipilih tak sesuai dengan pilihan di awal.


Bukan cuma masalah saat Pemilu, tapi kurang tidur secara umum bisa menimbulkan banyak masalah.

Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan malam tidur cukup 8 jam atau paling tidak tujuh jam.


Ada aneka manfaat kesehatan yang menanti.

1. Otak lebih tajam

Saat kurang tidur, tanpa disadari orang akan kesulitan untuk mengingat kembali suatu hal tertentu apalagi detailnya. Tidur memainkan peranan penting untuk fungsi kognitif yakni belajar dan mengingat. 

Tanpa tidur cukup, otak sulit untuk fokus dan mengambil informasi baru. Otak pun tidak punya cukup waktu untuk menyimpan memori padahal ini akan 'diputar' kembali sewaktu-waktu saat diperlukan. 

2. Lebih bahagia

Tak hanya memengaruhi otak, tidur cukup pun memengaruhi perasaan. Saat lelah, orang cenderung mudah marah. Pekerjaan kecil pun rasanya begitu berat. Mudah sekali untuk frustasi. 

"Banyak hal yang kita anggap remeh yang dipengaruhi tidur. Jika Anda tidur lebih baik (cukup), Anda bisa hidup lebih baik. Ini cukup jelas," kata Raymonde Jean, direktur kesehatan tidur dan direktur asosiasi perawatan kritis di Roosevelt Hospital Center, New York City dilansir dari Health. 

Kurang tidur kronis bisa berisiko mengalami gangguan perasaan. Sebuah studi menyebut jika seorang memiliki insomnia, ada risiko lima kali lebih besar mengalami depresi atau gejala kecemasan dan gangguan kepanikan yang makin parah. 


3. Kontrol nafsu makan

Saat malam, kebutuhan kalori berkurang drastis. Namun jika porsi tidur kurang maka otak akan mengirim sinyal lapar sehingga tak aneh jika ada aktivitas makan tengah malam. 

Tidur yang cukup membuat tubuh memproduksi hormon leptin yang cukup pula. Hormon inilah yang membuat otak tahu bahwa perut sudah kenyang dan waktunya berhenti makan. 

4. Jantung lebih sehat

Tidur memberikan tubuh kesempatan untuk beristirahat. Jantung dan pembuluh darah pun 'kecipratan' waktu untuk istirahat kareba saat tidur tekanan darah menurun. 

Kurang waktu untuk tidur memaksa tekanan darah terus naik selama nyaris 24 jam. Tekanan darah yang tinggi bisa menimbulkan risiko penyakit jantung dan stroke. 


5. Menguatkan sistem imun tubuh

Tidur rupanya berkontribusi pada penguatan sistem pertahanan tubuh atau imun. Saat tidur, sistem imun melepas komponen yang bernama sitokin. Sebagian sitokin bermanfaat untuk melindungi sistem imun dari inflamasi termasuk inflamasi akibat infeksi. 

Kurang tidur artinya kurang produksi sitokin untuk menjaga Anda dari serangan penyakit. Selain sitokin, kurang tidur juga membuat komponen pertahanan tubuh lain tak memadai seperti antibodi dan sel darah putih. 

6. Kulit lebih sehat

Tidur memberikan tubuh kesempatan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika tidur cukup dan teratur maka Anda bisa terlihat lebih muda. 

Sebuah laporan dari Clinical and Experimental Dermatology menemukan bahwa partisipan yang cukup tidur pulih dari paparan sinar UV dibanding mereka yang kurang tidur. Kulit pun sembuh dari trauma minor lebih cepat. (els/chs)