Gunung Meja akan Miliki Jalur Trekking Baru

ANTARA, CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 12:06 WIB
Gunung Meja akan Miliki Jalur Trekking Baru Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gunung Meja, merupakan salah satu dari tiga buah gunung di Kota Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, sedang ditata menjadi objek wisata alam andalan.

Wakil Bupati Ende, Djafar Ahmad, menuturkan salah satu upaya yang ditempuhnya adalah membuat jalur pendakian menuju puncak gunung.

Menurutnya Gunung Meja merupakan objek alam yang unik dan strategis karena dapat diamati dari sisi laut, udara, maupun darat oleh setiap orang yang datang di Kota Ende.


"Kami akan tata kembali wajah Gunung Meja, tahun ini ada biaya dari Kementerian Pariwisata untuk membuat jalur trekking menuju puncak gunung," kata Djafar, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (18/4).

Selain membuka jalur trekking, ia menuturkan, pihaknya juga akan membangun teropong besar yang bisa digunakan para pengunjung untuk melihat keindahan alam di daerah itu dari atas puncak gunung.

"Kemudian kami juga sedang membahas nanti di sana, apakah dibangun patung Bung Karno yang tinggi atau lambang Burung Garuda. Selain papan di puncak gunung bertuliskan Ende Kota Pancasila," katanya.

Djafar mengatakan penataan wisata gunung itu tetap menonjolkan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia yang diprakarsai, Ir Soekarno, saat menjalani massa pengasingan di Kota Ende pada 1934-1938 silam.

Menurutnya pancasila sudah menjadi branding yang kuat bagi pariwisata di Ende yang selama ini sudah menarik wisatawan untuk datang mempelajarinya.

"Karena itu kami perkuat dengan event pariwisata seperti Parade Kebangsaan menyambut hari lahir Pancasila pada 1 Juni, dan dalam tahun ini kami tambah lagi dengan parade 'Seribu Garuda'," katanya.

Ia berharap penataan wisata gunung ini menambah pilihan berwisata ke Ende, selain objek-objek yang sudah terkenal seperti Taman Permenungan Bung Karno, dan Taman Nasional Kelimutu.

Menurutnya di Ende terdapat tiga gunung dan satu pulau. Yaitu Gunung Meja, Gunung Kengo dan Wongge, dan satu pulau kecil, Pulau Koa.

Keberadaan Gunung Meja tak lepas dari cerita legenda setempat tentang cinta segitiga antara seorang gadis dengan dua orang lelaki, yang berujung duka.

[Gambas:Video CNN] (agr)