FOTO: Masa Penuh Rahmat Pekan Suci Paskah Umat Kristiani

AFP, ANTARA, REUTERS, CNN Indonesia | Jumat, 19/04/2019 18:46 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Umat Kristiani di seluruh dunia sudah memasuki Pekan Suci Paskah. Awal pekan suci atau Tri Hari Suci dimulai dengan perayaan Kamis Putih.

Umat Kristiani di seluruh dunia sudah memasuki Pekan Suci Paskah. Awal pekan suci atau Tri Hari Suci untuk umat Kristiani khususnya Katolik dimulai dengan perayaan Kamis Putih pada Kamis (18/4). (Reuters/Marcelo del Pozo)
Kamis Putih diperingati sebagai lambang dari Perjamuan Terakhir yang dilakukan Yesus dan 12 rasulnya. (Reuters/Darrin Zammit Lupi)
Di Kamis Putih, para pastor juga melakukan pembasuhan kaki sebagai lambang pemimpin yang melayani dan meneruskan teladan Yesus yang juga membasuh kaki para muridNya. Melalui pembasuhan kaki, Yesus memberikan teladan, contoh, dan perintah agar manusia selalu saling mengasihi. (Vatican Media/­Handout via Reuters)
Tri Hari Hari ini, Jumat (19/4) diperingati sebagai peringatan Jumat Agung atau Hari Penyaliban Yesus Kristus. Di hari ini, Yesus menyerahkan nyawanya kepada BapaNya di surga dengan terpaku di kayu Salib. Tergantungnya Yesus di kayu salib ini menjadi sebuah diyakini menjadi tanda penebusan dosa-dosa umat manusia. (Antara/Zabur Karuru)
Peristiwa penting saat Jumat Agung terjadi pada pukul 15.00. Saat itu Yesus menyerahkan nyawanya kepada Bapa dan menyerukan kalimat
Mengutip buku umat Pekan Suci, pada hari ini Kristus Domba Paskah dikorbankan. Gereja merenungkan penderitaan Tuhan Yesus, menghormati salibNya, mengenangkan kembali kelahirannya di Salib dan mendoakan keselamatan untuk seluruh dunia. (Reuters/Jon Nazca)
Penghormatan akan salib ini diperingati dengan ritual penciuman salib dan juga Jalan Salib sebagai pengingat kembali kisah sengsara Yesus saat disalib di Golgota. (AFP/Marvin Recinos)
Selain Ekaristi di Gereja, umat Katolik juga memaknai Jumat Agung dengan berpantang dan puasa. (Reuters/Rupak De Chowdhuri)