Maskapai Prancis Gratiskan Tiket untuk Relawan Notre Dame

CNN Indonesia | Minggu, 21/04/2019 01:50 WIB
Maskapai Prancis Gratiskan Tiket untuk Relawan Notre Dame Gereja Katedral Notre Dame sebelum dilalap api. (AFP/Ludovic Marin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sumbangan dan usaha untuk merestorasi Gereja Katedral Notre Dame di Paris, Prancis, yang mengalami musibah kebakaran pada awal pekan ini semakin ramai.

Kabar gembira kali ini datang dari maskapai penerbangan Air France-KLM, yang menyatakan bakal menggratiskan tiket penerbangan bagi relawan yang ingin datang untuk membantu perbaikan gereja berarsitektur Gothic itu.

Dikutip dari Lonely Planet pada Sabtu (20/4), pihak Air France-KLM menyatakan bakal memfasilitasi penerbangan "seluruh rekan resmi" yang terlibat dalam proses rekonstruksi Gereja Katedral Notre Dame.


Pihak maskapai mengatakan bantuan tersebut merupakan sumbangan mereka untuk membangun kembali "simbol sejarah Prancis yang dikenal di seluruh dunia."

"Seluruh tim Air France dan Air France-KLM di seluruh dunia turut berduka atas peristiwa yang terjadi pada Senin (15/4)," tulis pihak maskapai melalui keterangan resminya.

"Air France akan menyediakan transportasi gratis untuk seluruh rekan kerja resmi yang terlibat dalam rekonstruksi Gereja Katedral Notre Dame di Paris."

Pihak maskapai juga mengatakan bakal membuka saluran sumbangan untuk pelanggannya demi menambah dana perbaikan.

Hingga saat ini penduduk Prancis dan penggemar sejarah seluruh dunia masih berduka atas musibah kebakaran yang melanda gereja berusia 850 tahun itu.

Presiden Prancis Emmanuel Macron berharap proses pembangunan kembali Gereja Katedral Notre Dame bisa rampung sebelum Olimpiade Paris 2024, meskipun banyak pakar yang mengatakan kalau proses pembenahan bakal memakan waktu lebih dari satu dekade.

Sebelum menggunakan dana sumbangan dari berbagai pihak, pakar juga mengatakan kalau Prancis harus menentukan terlebih dahulu arsitektur yang bakal diterapkan di gereja yang hangus terbakar itu.

Saat ini muncul perdebatan mengenai pembangunan kembali gereja, dengan gaya tetap klasik atau dibuat modern.

Perdebatan itu muncul setelah Prancis mengumumkan sayembara merancang ulang atap Gereja Katedral Notre Dam yang hancur dilalap api.


[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)