Deretan Fakta tentang Ratu Elizabeth di Usia 93 Tahun

CNN Indonesia | Minggu, 21/04/2019 14:18 WIB
Deretan Fakta tentang Ratu Elizabeth di Usia 93 Tahun Ratu Elizabeth II menginjak usia ke-93 tahun pada hari ini, Minggu (21/4). Di usianya yang tak lagi muda, ratu Inggris itu diketahui melek teknologi dan media sosial. (AFP PHOTO/Yui Mok).
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratu Elizabeth II menginjak usia ke-93 tahun pada hari ini, Minggu (21/4). Pemilik nama Alexandra Mary tersebut tercatat menjadi ratu tertua dan paling lama yang memerintah Inggris.

Berikut ini fakta-fakta mengenai Ratu Elizabeth II:


Umur Panjang

Ratu Elizabeth II dikaruniai umur panjang. Lebih dari 80 persen orang Inggris hidup di bawah pemerintahan Ratu Elizabeth II dan belum sama sekali mengalami pergantian sejak sang ratu naik takhta pertama kali pada 6 Februari 1952 silam.

Biro Statistik Nasional setempat mencatat Ratu Elizabeth II telah memerintah lebih dari 14 perdana menteri.

Tidak hanya itu, anak pertama pasangan Raja George VI dan Ratu Elizabeth ini bahkan telah bertemu dengan 11 dari 12 presiden Amerika Serikat (AS).

Ulang Tahun Ganda

Ratu Elizabeth II lahir pada 21 April 1926 di Bruton Street di lingkungan kelas atas Mayfair di London. Selain tanggal kelahirannya itu, ia juga merayakan hari ulang tahun lainnya sebagai ratu, yakni pada Sabtu kedua setiap Juni.

Tradisi ulang tahun ganda ini dimulai sejak Raja George II pada 1748 silam sebagai hari perayaan musim panas.

Deretan Fakta tentang Ratu Elizabeth di Usia 93 TahunRatu Elizabeth II bersama anjing peliharaannya berjenis Corgi dan Dachshund. (Annie Leibovitz via REUTERS).

Penyayang Hewan

Ratu Elizabeth II dikenal sebagai penyayang hewan. Seumur hidupnya, ia menggemari anjing. Ia memiliki lebih dari 30 anjing jenis Corgi. Corgi menjadi anjing ras favorit ratu. Bahkan, ia menciptakan ras baru yang diberi nama Dorgi, hasil persilangan antara Corgi dan Dachshund.

Ratu Elizabeth II juga menyukai kuda. Ia juga mewarisi beberapa kuda balap keturunan asli dari sang ayah yang meninggal pada 1952 silam. Kuda balap tersebut telah melibas hingga 1.600 balapan.

Selain anjing dan kuda, ia juga memelihara seekor gajah, jaguar hitam, dan buaya, serta hewan-hewan yang dilindungi, seperti angsa bisu dan ikan kerajaan, termasuk lumba-lumba, dan ikan sturgeon.

Pajak

Secara hukum, Ratu Elizabeth II tidak diwajibkan untuk membayar pajak. Namun begitu, ia memilih secara sukarela untuk membayar pajak atas penghasilan pribadinya mulai 1992 lalu.


Melek Teknologi

Kendati berusia lanjut, bukan berarti Ratu Elizabeth II tak memahami teknologi. Terlepas dari tradisi kental dan kemegahan kerajaan, ia merasa nyaman dengan perkembangan teknologi sejak menjabat sebagai mekanik truk dalam Perang Dunia II.

Ia berkisah tentang surat elektronik (email) pertamanya pada 1976. Kicauan pertamanya di Twitter tercatat pada 2014 lalu dan mengunggah pertama kalinya di Instagram pada Maret 2019.


(AFP/bir)