FOTO: Semarak Kartini Zaman Modern

Christina Andhika Setyanti & Antara, CNN Indonesia | Minggu, 21/04/2019 18:43 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Perjuangan Kartini untuk kaum perempuan dimaknai dan dirayakan dengan cara yang berbeda-beda di tiap daerah

Hari Kartini yang dirayakan setiap tanggal 21 April setiap tahunnya. Di hari tersebut, para perempuan Indonesia merayakan hari kebangkitan emansipasi perempuan. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp).
Sejumlah warga wanita menggunakan kebaya memainkan rebana saat peringatan Hari Kartini ke-140 sekaligus pemecahan MURI di Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu (21/4). (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/hp)
Perupa Aboyz menyelesaikan lukisan wajah Kartini berukuran lima meter x tujuh meter di kawasan Galuh Mas, Karawang, Minggu (21/4). (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/wsj).
Untuk memeringati Hari Kartini, pegawai perempuan di SPBU pun mengenakan kebaya saat bertugas. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki/wsj)
Sejumlah perempuan mengendarai skuter vespa saat mengikuti Kartini Ride 2019 di Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/4/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Kartini dengan mengendarai skuter vespa mengenakan kebaya. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi/hp)
Peselancar wanita yang mengenakan kebaya berselancar untuk memeriahkan Hari Kartini di Pantai Kuta, Bali, Sabtu (20/4/2019). Kegiatan tersebut digelar untuk membangkitkan semangat perjuangan Kartini serta mengenalkan kebaya kepada wisatawan mancanegara. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.
Sejumlah penari menampilkan tarian saat kegiatan 21 jam
Dengan berkebaya, wisatawan mancanegara belajar tentang sejarah dan budaya Indonesia khususnya perjuangan RA Kartini dan busana kebaya ( ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj)