Hari Bumi

6R Sampah Plastik untuk Bumi yang 'Awet Muda'

CNN Indonesia | Senin, 22/04/2019 13:21 WIB
6R Sampah Plastik untuk Bumi yang 'Awet Muda' ilustrasi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selamat Hari Bumi 2019. Hari ini bumi semakin bertambah usia dan menua.

Seperti manusia yang sudah lanjut usia, bumi juga semakin tak sanggup lagi menahan polusi dan sampah plastik yang semakin menumpuk.

Sayangnya, polusi suara, sampah, dan udara semakin memenuhi bumi dan membuatnya makin cepat mengalami penuaan dini. Belum lagi tumpukan sampah plastik yang juga makin menutupi permukaan bumi, mengotori darat dan lautan.


Apa yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan polusi plastik?


Cara paling mudah adalah dengan melakukan 3R, reduce, reuse, dan recycle. Tapi 3R tampaknya masih belum berhasil sempurna untuk mengurangi sampah-sampah yang menutupi bumi.

Mengutip Earth Day, selain 3R ada 6R yang bisa dilakukan.

1. Reduce
Reduce atau mengurangi. Kurangilah penggunaan plastik semaksimal mungkin. Anda bisa mengganti berbagai penggunaan plastik dengan alternatif lain yang lebih ramah lingkungan. Misalnya dengan mengganti penggunaan sedotan plastik dengan sedotan besi atau bambu.

2. Reuse
Prinsip reuse adalah untuk memanfaatkan kembali plastik-plastik yang sudah dipkaia untuk dipergunakan kembali.

Cara paling mudah adalah dengan membawa botol minum sendiri dibanding dengan menggunakan cup plastik. Selain itu pilih juga berbagai tas kain yang bisa dipakai berulang-ulang saat belanja.

Anda juga bisa membuat tas belanja sendiri dari bahan yang tak terpakai, misalnya dari kaus usang yang tak terpakai lagi.

3. Recycle
Beberapa plastik kemasan bisa didaur ulang menjadi benda-benda lain yang bisa lebih berguna. Misalnya saja, bungkus kopi sachet yang bisa didaur ulang menjadi tas-tas cantik yang bisa dipakai berulang-ulang.


4. Refuse
Cara paling mudah untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan menolaknya. Anda bisa menolak ketika diberikan benda-benda plastik, misalnya sedotan.

"Tidak perlu pakai sedotan," atau "tidak perlu pakai kantong plastik." Ini adalah salah satu cara termudah untuk mengurangi sampah.

5. Remove
Cara ini juga bentuk dan cara termudah untuk mengurangi sampah plastik. Hilangkan sampah-sampah plastik dari lingkungan sekitar Anda. Buanglah sampah pada tempatnya agar tak mengotori lingkungan.

6. Rally
Cara ini sudah banyak dilakukan saat ini. Sudah banyak orang yang membuat petisi atau membuat kampanye untuk melarang penggunaan plastik sekali pakai. (chs/chs)