5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum ke Taman Nasional

agr, CNN Indonesia | Selasa, 23/04/2019 12:45 WIB
5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum ke Taman Nasional Taman Nasional Bali Barat. (Foto: Dok. Plataran Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak sedikit yang beranggapan jika taman nasional adalah sebuah kawasan liar yang dipenuhi hewan buas, hal ini memang tidak bisa dibantah meskipun tidak semuanya benar. Padahal banyak hal menarik yang bisa dieksplorasi dari kawasan taman nasional.

Singkatnya taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, dan pariwisata.

Sayangnya tidak banyak yang 'menularkan' pengetahuan dasar tentang taman nasional, sehingga tidak banyak yang memanfaatkan tempat ini sebagai pilihan lokasi berwisata.


Mengutip oyster, Selasa (23/4), berikut adalah 5 hal yang harus diketahui sebelum berkunjung ke taman nasional.


Taman nasional bukan kebun binatang
Perlu diingat hewan-hewan di kawasan taman nasional adalah sepenuhnya liar, sehingga kewaspadaan tingkat tinggi diperlukan di tempat ini. Namun selama tidak mengganggu atau merusak habitat dan jalur mereka, maka tidak perlu takut berlebihan.

Biaya yang lebih murah
Meskipun kawasan khusus, namun tarif masuk untuk ke kawasan taman nasional masih jauh lebih murah ketimbang beberapa destinasi wisata buatan yang instagramable. Soal atraksi wisata pun, kawasan taman nasional juga punya banyak pilihan.

Mengonfirmasi sebelum berkunjung
Taman nasional adalah kawasan yang sengaja ditata agar flora dan fauna di dalamnya bisa hidup dengan bebas, itu sebabnya jadwal rutin penutupan taman nasional hingga pembatasan jumlah pengunjung adalah hal yang lumrah. Untuk itu sebaiknya hubungi pihak taman nasional jauh-jauh hari sebelum berkunjung, hal ini dimaksudkan agar rencana liburan tidak berujung pada kekecewaan.

Tidak melulu harus bersusah payah
Jika beranggapan taman nasional adalah kawasan terpencil, maka sebaiknya buang jauh-jauh pikiran tersebut. Beberapa taman nasional bahkan sudah menyediakan penginapan berfasilitas lengkap, untuk tamu yang ingin melewatkan malam di alam.

Tetap utamakan keselamatan
Meskipun saat ini taman nasional sudah lebih ramah untuk pengunjung, namun keselamatan adalah faktor yang tetap harus diutamakan. Jangan sekali-kali teledor di kawasan taman nasional.

[Gambas:Video CNN] (agr)