Mengulik Durasi Hubungan Seks Ideal

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 23/04/2019 23:43 WIB
Mengulik Durasi Hubungan Seks Ideal Ilustrasi seks (Istockphoto/dima_sidelnikov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak faktor yang bisa dibicarakan berkaitan dengan kepuasan seks. Salah satunya adalah durasi yang menjadi indikator kualitas hubungan seks.

Bicara soal durasi seks, lama waktu yang diperlukan untuk mencapai kepuasan tentu berbeda bagi setiap orang. Tak ada lama waktu yang disepakati bersama sebagai durasi ideal hubungan intim.

Sejumlah studi berusaha menjawabnya. Setidaknya, sampai saat ini kita sepakat pada sebuah studi yang dilakukan oleh Society for Therapy and Research pada 2005 dengan terapis seks sebagai partisipan. Mengutip Healthline, studi menyepakati seks ideal berlangsung selama 7-13 menit.


Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan, hubungan seks yang berlangsung 1-2 menit dinilai terlalu pendek. Sementara durasi 10-30 menit dinilai terlalu lama. Angka ini dihitung sejak proses penetrasi organ intim pria dan wanita terjadi.

Sebelumnya, jajak pendapat yang dilakukan oleh Fox News pada 2007 menemukan bahwa 80 persen pria dan wanita menginginkan seks yang bertahan selama 30 menit. Durasi ini mencakup foreplay dan hubungan seks yang melibatkan penetrasi organ intim.

Dari 80 persen itu, sebagian besar partisipan mengaku bahwa durasi hubungan seks yang melibatkan penetrasi organ intim hanya terjadi pada waktu yang cenderung singkat. Peneliti sepakat bahwa rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 6 menit.

Umumnya, durasi seks ideal ditentukan berdasarkan waktu latensi ejakulasi intravaginal (IELT). Nama terakhir merupakan waktu seberapa lama pria mampu mengontrol atau menahan ejakulasi.

Kendati demikian, tak ada yang bisa menetapkan durasi seks ideal. Pasalnya, hal itu tergantung pada bagaimana seseorang mendefinisikan seks. Beberapa mendefinisikan seks dengan berpaku pada proses penetrasi organ intim pria dan wanita. Sementara beberapa lain menganggap hubungan seks merupakan gabungan antara foreplay dan penetrasi organ intim.

Sebuah penelitian pada 2012 lalu mencoba menjawab durasi seks ideal dengan menggabungkan faktor IELT dengan foreplay. Mengutip The Cut, studi meminta pria dan wanita melaporkan berapa lama waktu ideal untuk sesi foreplay dan seks yang melibatkan penetrasi organ intim.

Hasilnya, partisipan melaporkan rata-rata durasi ideal berkisar pada 11-13 menit untuk foreplay dan 7-8 menit hubungan seks yang melibatkan penetrasi organ intim.

Banyak Faktor

Dalam beberapa kasus, faktor biologis memengaruhi berapa lama aktivitas seksual seseorang berlangsung. Salah satunya adalah usia.

Mengutip Healthline, hal-hal akan berubah seiring bertambahnya usia. Seseorang akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terangsang hingga ereksi yang lebih sulit untuk dipertahankan. Khususnya pada wanita, perubahan hormon juga akan berkontribusi pada kekeringan organ intim.

Selain itu, faktor alat kelamin juga dinilai memberikan pengaruhnya. Sebuah studi pada 2003 menemukan bahwa bentuk organ intim pria ditengarai berpengaruh terhadap kemampuan pria untuk terus memberikan dorongan.

Terakhir adalah disfungsi seksual. Ejakulasi dini dapat menyebabkan klimaks berjalan lebih cepat dari yang Anda inginkan. Sebaliknya, seseorang yang kesulitan untuk berejakulasi, membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai klimaks.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)