Alasan Pentingnya Membawa Salinan Dokumen saat Wisata

CNN Indonesia | Kamis, 25/04/2019 19:09 WIB
Alasan Pentingnya Membawa Salinan Dokumen saat Wisata Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini rasanya sangat malas membawa salinan dokumen pribadi berbentuk fisik, seperti paspor, tiket penerbangan, dan visa. Namun sistem elektronik atau online terkadang mengalami gangguan, sehingga tumpukan kertas-kertas tersebut sebaiknya tetap dibawa sebagai cadangan.

Pentingnya membawa salinan dokumen pribadi mungkin diamini oleh puluhan turis yang gagal terbang ke Turki pada beberapa waktu yang lalu.


Seperti yang dikutip dari The Telegraph pada Kamis (25/4), sebanyak 30 turis tak bisa lolos imigrasi di bandara Inggris untuk terbang ke Bodrum, Turki, karena mereka tak membawa salinan lembaran Visa Turki.


Padahal selain menunjukkan dokumen elektronik, turis juga perlu menunjukkan salinan dokumen fisik atas Visa Turki yang diperolehnya.


Dikutip dari Travel Points Guy, sebenarnya Imigrasi Turki juga telah mengumumkan hal ini.

"Harap selalu membawa dokumen elektronik atau fisik, jika sewaktu-waktu sistem elektronik mengalami kerusakan," tulis mereka.

Turis Indonesia mendapat kemudahan mengurus Visa Turki secara online dan saat kedatangan (visa on arrival).

Namun agar tak was-was disarankan membuat visa secara online saat masih di Indonesia.

Tarif membuat Visa Turki secara online seharga US$25. Sementara tarif visa on arrival sebesar US$35.

Dalam proses pembuatan visa secara online, nantinya turis harus mengisi data diri dan menjawab beberapa pertanyaan penting terkait keluarga, pendapatan, kedatangan, dan kepulangan.

Informasi mengenai Visa Turki lebih lanjut bisa mengunjungi situs resmi Imigrasi Turki di www.evisa.gov.tr.


[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)