Tak Hanya Wisata Alam, Ternate Juga Sarat Objek Wisata Religi

ANTARA, CNN Indonesia | Senin, 29/04/2019 10:05 WIB
Tak Hanya Wisata Alam, Ternate Juga Sarat Objek Wisata Religi Masjid Sultan Ternate (Foto: Baskoro Aji via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0))
Jakarta, CNN Indonesia -- Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut), terletak di bawah kaki Gunung Gamalama yang masih aktif. Tak hanya memiliki kontur berbukit, kota yang identik dengan ini juga didominasi oleh laut dengan pesona alam bawah airnya bahkan sebuah danau eksotis bernama Tolire.

Namun Ternate tak hanya melulu soal wisata alam saja, kota ini juga memiliki potensi yang besar untuk menjadi destinasi wisata religi menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri.

Seorang pemerhati pariwisata di Malut, Jamaluddin, menuturkan kota Ternate memiliki beragam obyek wisata yang terkait dengan umat muslim, baik dalam bentuk bangunan maupun tradisi.


"Masjid Kesultanan Ternate dengan berbagai kekhasannya, baik dari segi arsitektur bangunan maupun tradisi beribadah merupakan salah satu objek wisata religi yang paling menarik dikunjungi," ujar Jamaluddin, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (29/4).

Menurutnya kekhasan di masjid yang sudah berusia ratusan tahun itu, adalah tradisi yang mewajibkan jamaah pria mengenakan celana panjang dan kopiah atau sorban saat melaksanakan ibadah shalat lima waktu dan shalat tarawih. Hal ini tidak ditemukan di masjid lain di Indonesia.

Tak hanya itu saja, ia melanjutkan, masjid tertua di Ternate lainnya, seperti Masjid Heku di Ternate Utara dan Masjid Muttaqin di Ternate Tengah serta kompleks makam para sultan di sekitar Masjid Kesultanan Ternate, juga merupakan objek wisata religi yang menarik untuk dikunjungi.

Berbagai tradisi yang digelar Kesultanan Ternate di bulan Suci Ramadhan, seperti ritual malam qunut pada malam 15 Ramadhan dan ritual ela-ela untuk menyambut malam turunnya lailatul qadar pada 27 Ramadhan, merupakan atraksi wisata yang tak kalah menarik.

Jamaluddin optimis jika Pemkot Ternate gencar mempromosikan potensi religi itu, akan banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke Ternate pada bulan Suci Ramadhan nanti. Khususnya bagi masyarakat Malut yang kini menetap di daerah lain dan jarang pulang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Samin Marsaoly, mengatakan pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan Pemkot Ternate. Menurutnya semua potensi di daerah ini, termasuk wisata religi, mendapat prioritas baik dalam pengembangannya maupun promosinya.

[Gambas:Video CNN] (agr)