Busana Darth Vader Bakal Dilelang Hingga Rp28,4 Miliar

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 30/04/2019 07:32 WIB
Busana Darth Vader Bakal Dilelang Hingga Rp28,4 Miliar Darth Vader (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kostum Darth Vader legendaris dalam film Star Wars bakal dilelang pada pertengahan Mei 2019. Diprediksi, kostum yang dibuat pada 1979 silam itu bakal dijual mencapai harga US$2 juta atau setara dengan Rp 28,4 miliar.

Melansir Reuters, kostum bakal dijual secara lengkap. Ada 17 potong aksesoris lengkap termasuk topeng hitam, sepatu bot, sepasang jubah, dan masih banyak lagi.

Kostum yang akan dilelang merupakan salah satu dari sedikit busana Vader yang diproduksi pada 1979 silam. Kostum itu dirancang oleh tim desainer Star Wars, John Mollo di London untuk film Star Wars: The Empire Strikes Back.


Komponen kostum terbuat dari beragam bahan, mulai dari kulit, wol, sutera, fiberglass, dan bahan lainnya.

"Ini [kostum Darth Vader] benar-benar panas," kata Bryce 'Kermit' Eller yang pernah mengenakan busana Darth Vader. Busana memiliki banyak lapisan. Menurutnya, butuh sekitar 25 menit untuk memakainya. "Anda tak bisa mengenakannya sendiri," kata dia.

Tak tanggung-tanggung, saking panasnya, bahkan Eller pernah pingsan karena terserang dehidrasi setelah mengenakan busana Darth Vader selama berjam-jam.

Busana itu menjadi bagian dari pameran Turner Classic Movies yang dimulai pada 4 Mei. Penjualannya sendiri bakal dilakukan pada 14 Mei mendatang.

Harga mahal busana jebolan Star Wars bukan hal baru. Popularitas film membuat apa pun yang berhubungan dengannya cenderung dijual dengan harga mahal.

Pada 2017 lalu, droid R2-D2 lengkap yang digunakan dalam film Star Wars tahun 1977 terjual dengan harga US$2,76 juta atau setara dengan Rp39,16 miliar. Busana lightsaber yang digunakan oleh Luke Skywalker juga terjual seharga Rp6,4 miliar.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)