Campak Intai Penonton Avengers: Endgame di AS

CNN Indonesia | Kamis, 02/05/2019 14:30 WIB
Campak Intai Penonton Avengers: Endgame di AS ilustrasi (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hiruk pikuk bioskop sebagian besar disumbangkan oleh para penonton film Avengers: Endgame. Kisah Captain America dan kawan-kawan ini membuat sebagian bioskop buka selama 24 jam.

Namun ini bukan sepenuhnya jadi berita baik bagi pecinta Marvels di AS. Para penonton Avengers: Endgame kini dihantui dengan merebaknya risiko campak.

Lebih dari 700 kasus campak merebak di AS. Otoritas kesehatan setempat menyebut ini adalah kasus terbanyak sejak 2000. Padahal AS sempat menyatakan bahwa sejak tahun itu negara ini telah dinyatakan bersih dari campak. 


Melansir Gizmodo, otoritas menyebut pasien campak pertama adalah penonton 'Avangers: Endgame' yang menonton film tengah malam di Orange County, California. Perempuan ini tinggal di Placentia, kota di Orange County Utara. Otoritas kesehatan menyebut pasien kontak dengan campak saat ia berkunjung ke negara dengan campak yang masih mewabah. Tidak diketahui secara pasti apakah perempuan ini telah divaksin atau belum. 


Jika tertular campak, maka orang akan mengalami diare parah, radang paru-paru dan kehilangan penglihatan. Apabila fatal, maka campak bisa membawa kematian. Virus bisa menyebar lewat lendir yang keluar saat batuk dan bersin. Meski tidak kontak langsung dengan penderita, virus masih bisa bertahan di udara atau area selama sekitar dua jam. 

Orang yang terinfeksi bisa menularkan campak selama empat hari sebelum timbul ruam merah pada tubuh. Sebenarnya campak bisa dicegah dengan suntikan vaksin. 

"Vaksin MMR (measles, mumps, rubella) itu sederhana, tidak mahal dan sangat efektif untuk mencegah penyebaran virus berbahaya ini," ungkap Nichole Quick, petugas kesehatan sementara Orange County melalui pernyataan resmi seperti dikutip dari Los Angeles Times. Karena kasus ini, Orang County Health Care memperingatkan bahwa AMC Theater di Lemon Street antara pukul 23.00 malam dan 04.00 pagi waktu setempat kemungkinan terpapar virus.

"Siapapun yang di bioskop bisa berisiko selama periode waktu ini," kata Jessica Good, jubir Orang County Health Care. (els/chs)