3 Alasan Makanan Korea Makin Mendunia

CNN Indonesia | Jumat, 03/05/2019 06:02 WIB
3 Alasan Makanan Korea Makin Mendunia ilustrasi makanan Korea (FoodiesFeed)
Ubud, CNN Indonesia -- Popularitas makanan Korea Selatan kini sudah semakin mendunia. Sebut saja bibimbap, bossam, gimbap, sampai ramyeon Korea yang biasa disantap para bintang drama.

Ketika berkunjung ke Korea Selatan, baik Seoul ataupun Busan dan Jeju, para pelancong pun tak lepas atau ketinggalan untuk menyantap berbagai kuliner khas Negeri Ginseng tersebut.

Kalau tak percaya, coba saja tanyakan kepada anak-anak muda tentang jenis-jenis makanan Korea yang populer. Mereka pasti bakal lancar menjawabnya.


"Tak dimungkiri kalau sekarang makanan Korea itu sangat populer, bahkan sampai di seluruh dunia," kata koki Korea-Amerika sekaligus penulis buku dan pembawa acara Korean Food Made Simple, Judy Joo saat Ubud Food Festival 2019 Presented by ABC dan didukung oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia di Ubud, Bali.


Judy mengungkapkan ada tiga hal yang menyebabkan makin tingginya popularitas makanan Korea saat ini.

1. K-pop
K-pop adalah salah satu hal yang menyebabkan popularitas makanan Korea mendunia.

"Misalnya saja BTS, siapa yang yang tidak kenal. Kepopuleran BTS sekarang ini juga membuat makanan Korea akhirnya banyak dicicipi orang-orang di seluruh dunia."

Bintang-bintang K-pop pun juga banyak yang memiliki kafe dan usaha kuliner lainnya. Kafe dan coffee shop milik idol K-pop ini ramai dikunjungi penggemarnya.

2. K-Drama
"Hampir semua orang pernah nonton drama Korea. Bintang-bintang Korea yang menyantap makanan Korea dalam filmnya seringkali makan makanan Korea, dan ini seringkali membuat orang yang melihat jadi ingin mencobanya," ucapnya.

Salah satu makanan paling populer berkat K-drama adalah ramyeon Korea. Dalam banyak film, bintang drama Korea kerap menyantap ramyeon Korea yang dimasak dalam panci alumunium kecil. Mereka juga kerap memakannya langsung dengan tutup panci dan sumpitnya langsung setelah makan.

Para pelancong ke Korea dan juga penggemar Korea kerap kali menjajal pengalaman makan ala Korea ini.


Hal ini juga menyebabkan banyaknya ramyeon-ramyeon Korea berseliweran di supermarket. Angka penjualannya pun terbilang cukup tinggi. Contohnya adalah samyang, dan ramyeon keju. Untuk menyesuaikannya dengan Indonesia, ramyeon Korea bahkan dibuat dengan versi halalnya.

3. K-beauty
"Setiap kali saya kembali ke Korea, banyak teman yang langsung berebut nitip kosmetik Korea, mereka punya daftar panjang kosmetik yang ingin dibeli," ucap Joo sambil tertawa.

Tapi apa hubungan K-beauty dengan makanan Korea? Ketika banyak orang yang mengejar kosmetik Korea sampai ke Korea, maka mereka juga akan penasaran dengan berbagai makanan Korea yang ada di kota tersebut.

Beberapa jenis makanan Korea memang ada beberapa yang diklaim berhubungan dengan kecantikan. Sebut saja samgyetang yang diklaim baik untuk kecantikan. Makanan ini mengandung banyak kolagen dari tulang ayam yang direbus dalam waktu lama. Selain itu kandungan ginseng di dalamnya yang mengandung banyak bahan aktif untuk menjaga kecantikan. (chs/chs)