Mengenal Pescatarian, Pola Hidup yang Dijalankan Ed Sheeran

CNN Indonesia | Jumat, 03/05/2019 17:46 WIB
Mengenal Pescatarian, Pola Hidup yang Dijalankan Ed Sheeran Ed Sheeran adalah seorang pescatarian (REUTERS/Neil Hall)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ed Sheeran akan segera menggelar konsernya di Jakarta pada Jumat (3/5).

Untuk menggelar konsernya dengan maksimal sekaligus menjaga tubuhnya, pelantun Shape of You ini menjalankan diet. Berbeda dengan kebanyakan selebriti lain yang melakukan diet paleo, keto, sampai mediterania, Sheeran memilih menjadi serang pescatarian.

Apa itu pescatarian?


Pescatarian adalah seseorang yang hanya makan daging hewan laut alias seafood khususnya ikan. Pola makan ini sebenarnya hampir sama seperti seorang vegetarian karena pescatarian juga tak makan daging merah atau putih.


Dilansir dari Healthline, ada beberapa alasan mengapa orang memilih untuk menjadi pescatarian dan memperbanyak konsumsi seafood dan ikan.

Beberapa orang memilih untuk menambahkan ikan dalam vegetarian dietnya supaya mereka bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari diet berbahan dasar tanaman dan juga manfaat sehat dari ikan.

Diet ini memang diklaim sehat, termasuk dianggap berhasil menurunkan risiko obesitas dan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

Diet ini juga bisa membantu perempuan untuk menjaga berat badan.

Orang lainnya mungkin ingin berkontribusi pada dampak lingkungan.


Asal mula pescatarian

Sebutan pescatarian ini mulai muncul pada awal 1990an. Kata ini merupakan gabungan dari dua kata dalam bahasa Italia, pesce yang berarti ikan dengan vegetarian.

Dalam beberapa literatur sains, diet ini sering disebut sebagai pesco vegetarian, yang merupakan bagian dari spektrum vegetarian.

Pescatarian ini juga disarankan untuk menyantap gandum utuh, kacang, legum, lemak sehat, an seafood sebagai kunci utama dan juga sumber utama proteinnya. Banyak dari pescatarian juga menyantap telur serta produk susu. (chs/chs)