Pisang Biru, Buah Unik Rasa Es Krim Vanila

CNN Indonesia | Minggu, 05/05/2019 20:29 WIB
Pisang Biru, Buah Unik Rasa Es Krim Vanila ilustrasi pisang biru (Istockphoto/ivan101)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa jenis pisang yang ada di pasaran biasanya berwarna kuning ataupun hijau. Namun ada beberapa jenis pisang yang ternyata punya warna yang tak biasa.

Pisang biru ini sebenarnya bukanlah jenis pisang baru. Benih tanamnya sendiri pun sudah banyak dijual secara online. Pisang ini merupakan jenis pisang hybrid triploid atau persilangan dari Musa balbisiana dan Musa acuminata.

Pisang biru ini punya nama Blue Java, namun juga dikenal sebagai pisang es krim, pisang Hawaii, Ney Mannan, Krie, atau Cenizo.


Pisang ini diberi nama pisang biru karena kulit pisangnya yang berwarna biru saat mentah. Namun kulit pisang ini akan kembali berwarna kuning saat sudah ranum.


Selain itu, daging buah pisang ini juga punya tekstur yang unik. Tak seperti pisang pada umumnya, daging pisang biru memiliki tekstur seperti es krim. Bahkan keharumannya terasa seperti vanila dan custard.

Daging buahnya ini bisa dimakan begitu saja atau untuk dimasak.

Mengutip Fine Dining Lovers, pisang ini bisa diolah menjadi banana flambe dengan tambahan es krim vanila, dan kayu manis.

Selain buahnya yang unik, pohon pisang ini bisa bertahan hidup pada suhu yang lebih rendah. Daunnya juga lebat dengan tambahan warna perak kehijauan. Daunnya juga bisa dipakai seperti daun pisang pada umumnya.


Melansir How to work stuff pisang yang termasuk dalam cavendish ini dianggap resisten terhadap penyakit Panama dan juga Fusarium oxyspporum. Kedua penyakit ini menghancurkan cavendish dalam beberapa tahun terakhir. (chs/chs)