JAZIRAH ISLAM

Berkenalan dengan Suku Asli di Gurun Sahara

TRANS 7, CNN Indonesia | Selasa, 07/05/2019 04:11 WIB
Berkenalan dengan Suku Asli di Gurun Sahara Gurun Sahara. (Istockphoto/hadynyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Maroko jadi magnet bagi wisatawan dunia. Di musim panas Maroko penuh dengan kedatangan turis dunia, terutama di kota Marrakesh.

Gurun Sahara di Maroko menjadi padang pasir terbesar di dunia. Sahara menjadi bagian dari desa kecil Merzouga, di tenggara Maroko. Dalam bahasa Arab, Sahara memiliki arti gurun pasir.


Sahara menjadi daya tarik utama turis yang datang ke Maroko. Untuk mencapai gurun ini, turis bisa berkendara sejauh 12 jam dari kota Marrakesh.


Sahara Merzouga memiliki gundukan gurun pasir halus setinggi 350 meter, dan menjadikan hamparan gurun pasir ini yang terindah di Maroko.

Gurun Sahara merupakan rumah bagi suku nomaden Berber, atau juga dikenal dengan Suku Amazigh, yang sudah berumur ratusan abad. Namun kini Suku Berber sudah mulai langka.

Sebagian sudah berasimilasi dengan bangsa Arab. Tenda Suku Berber yang berjarak enam km dari Desa Merzouga bisa ditempuh dengan mengendarai unta selama dua jam. Tenda-tenda itu menjadi tempat istirahat bagi turis yang berkunjung ke Gurun Sahara.

Fatimah, warga Suku Berber adalah tuan rumah yang dengan hangat menyambut rombongan turis. Ia beserta anak dan adiknya sudah lima tahun menetap di rumah yang beratapkan karung goni.


Aghroum, atau roti dalam bahasa Suku Berber, merupakan makanan sehari-hari Suku Berber. Bahannya terbuat dari tumbuhan yang tanpa tambahan gula dan garam.

Agroum biasanya disantap sebagai makan siang dan makan malam. Satu porsi aghroum bisa dibagi untuk empat hingga lima orang.

Saat menunggu agrum matang, tiba-tiba Fatima berteriak "Uwuwuwuwuwuwuwuw!". Wanita Suku Berber punya ciri khas untuk menunjukkan rasa bahagia, yaitu membuat suara khas dengan lidah mereka.

Tradisi ini disebut Ululasi, simbol perayaan atau menghormati seseorang di budaya Afrika dan Timur Tengah.

Ululasi yang juga dikenal dengan nama Zagharid dalam bahasa Arab, telah dipraktekkan sejak zaman Mesir Kuno.

Di Maroko, Zagharid banyak dilakukan oleh para wanita dalam perayaan pernikahan.


Saksikan episode lengkap 'Jazirah Islam' hanya di Trans 7 setiap Senin-Jumat pukul 14.00 WIB.

[Gambas:Video CNN]


(ard)