Ragam Keutamaan Bulan Ramadan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 06/05/2019 18:04 WIB
Ragam Keutamaan Bulan Ramadan Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Moch Asim)
Jakarta, CNN Indonesia -- Umat Islam mulai menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Pada bulan suci ini, bukan hanya puasa yang dihitung sebagai ibadah. Allah SWT menjanjikan banyak pahala dan keutamaan di bulan Ramadan.

Ustad Yusuf Mansur menjelaskan ragam keutamaan bagi seorang Muslim di bulan Ramadan. Tak hanya puasa yang dianggap sebagai ibadah, tidur dan bahkan diamnya seorang muslim juga dihitung sebagai ibadah.

"Tidurnya yang berpuasa, ibadah. Diamnya, dihitung tasbih," kata ustad Yusuf Mansur mengutip sebuah hadis kepada CNNIndonesia.com, Senin (6/5).


Selain itu, Allah juga akan melipatgandakan setiap amalan baik yang dilakukan oleh umat Islam. Allah melipatgandakan bahkan hingga 1.000 kali amalan orang yang bersedekah, membaca Alquran, berzikir, dan berdoa.

Yusuf juga menyebut, doa di bulan Ramadan lebih mustajab dikabulkan oleh Allah. Pada bulan ini, juga terdapat malam Lailatul Qadar atau malam yang lebih baik dari 1.000 bulan. Pada malam ini, Allah menurunkan berkah untuk umatnya yang beribadah.

"Amalnya dilipatgandakan. Doanya kabul benar," ucap Yusuf.

Bukan hanya itu, orang yang sungguh-sungguh beribadah mencari ampunan Allah, dosanya juga akan dihapus di bulan Ramadan.

Nabi Muhammad SAW bersabda bulan Ramadan dibagi menjadi tiga bagian. Sepuluh hari pertama merupakan rahmat. Pada awal Ramadan, Allah menurunkan rahmat dan berkah-Nya kepada umat Islam.

Sepuluh hari kedua merupakan magfirah atau ampunan. Pada pertengahan bulan Ramadan inilah Allah menghapuskan dosa orang yang benar-benar bertaubat. Sedangkan pada 10 hari terakhir merupakan penghindaran dari siksa api neraka. Pada hari-hari terakhir bulan Ramadan ini, umat Islam dianjurkan untuk banyak berdoa agar dihindarkan dari siksa api neraka.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)