Tips Umrah Bersama Anak

CNN Indonesia | Selasa, 07/05/2019 19:13 WIB
Tips Umrah Bersama Anak Pemandangan Kabah. (AFP PHOTO / KARIM SAHIB)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi umat muslim yang ingin bisa segera merasakan suasana ibadah Haji namun tidak ingin berjibaku dengan kuota jamaah, maka umrah bisa dijadikan pilihan yang paling masuk akal.

Sekilas ibadah umrah mirip dengan haji, sehingga tak jarang umrah disebut sebagai haji kecil.

Umrah dapat dilakukan sewaktu-waktu tanpa harus menunggu momen dan kuota jamaah, bahkan bisa dilakukan juga bersama anggota keluarga. Anak-anak pun bisa terlibat dalam ibadah ini.


Sebagai negara muslim terbesar di dunia, Indonesia merupakan salah satu negara yang jumlah peserta umrahnya meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan tren ini diprediksi akan terus berkembang.

Mengutip Have Halal Will Travel, Selasa (7/5), berikut sejumlah tips umrah bersama anak:

Teguhkan niat dan rendahkan ekspektasi

Ketika pergi bersama anak, maka harapan untuk bisa merasakan ibadah yang khusyuk akan berkurang. Hal ini dikarenakan sifat dasar anak yang selalu ingin bermain.

Solusinya adalah ajari anak secara perlahan tentang langkah-langkah ibadah umrah.

Meskipun tidak bisa langsung diserap dengan mudah, namun dengan mengajarinya secara perlahan maka niscaya anak akan memahaminya sedikit demi sedikit.

Pastikan sudah vaksin

Setelah memantapkan tekad, saatnya memastikan kesiapan fisik khususnya vaksinasi. Hal ini tidak boleh diabaikan, karena tidak ada orang tua yang ingin buah hatinya sakit karena keteledoran semata.

Akomodasi dan amenitas

Sebelum memilih agen perjalanan, pastikan akomodasi selama di Tanah Suci terjamin. Mulai dari tiket pesawat, penginapan, hingga keperluan lainnya. Jangan sampai hal ini merusak momen sakral bersama si buah hati.

Buat daftar doa

Selain mengajari anak secara perlahan tentang proses umrah, membuat daftar doa juga bisa menjadi solusi untuk mengajari anak secara sederhana tentang esensi beribadah.

[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)