5 Penyebab Penumpang Diusir dari Pesawat

CNN Indonesia | Kamis, 09/05/2019 15:35 WIB
5 Penyebab Penumpang Diusir dari Pesawat Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa hari lalu dua orang penumpang Air New Zealand diusir dari pesawat, lantaran tidak memerhatikan awak kabin saat memberikan instruksi keselamatan dalam situasi darurat.

Mengutip Stuff, Rabu (8/5), dua orang penumpang yang duduk di bangku dekat pintu darurat itu sebelumnya telah ditegur secara sopan oleh awak kabin saat instruksi keselamatan dilakukan.

Namun kedua penumpang itu masih tetap membaca dan mendengarkan musik, tanpa memedulikan bahwa apa yang dilakukannya menyebabkan pesawat tidak bisa diberangkatkan.


Akhirnya Air New Zealand memutuskan untuk mengusir dua penumpang arogan itu, sekaligus menjelaskan bahwa pihak keamanan telah menanti mereka di bandara.

Mengabaikan instruksi keselamatan dalam situasi darurat yang disampaikan oleh awak kabin adalah salah satu tindakan yang bisa menyebabkan seorang penumpang diusir dari pesawat.

Mengutip Huffpost, Rabu (8/5), berikut adalah beberapa hal lain yang bisa menyebabkan penumpang diusir dari pesawat.

Membawa anak yang rewel

Siapa pun yang berisik sehingga mengganggu kenyamanan penumpang di pesawat, bisa diusir dari pesawat tak peduli ia anak-anak atau dewasa.

Tidak mengenakan sabuk keselamatan

Sabuk keselamatan adalah hal tidak boleh diabaikan dalam penerbangan, sehingga siapapun yang mengacuhkannya berhak diusir oleh awak kabin.

Mengenakan sesuatu yang tidak layak

Tanpa bermaksud mengatur hak setiap orang, maskapai juga berhak mengusir penumpang yang mengenakan sesuatu yang tidak layak dan membuat proses penyelamatan menjadi sulit.

Rusuh dan mabuk

Tak hanya di udara, di darat pun tidak diperkenankan untuk rusuh dan mabuk jika tidak pada tempatnya. Tak usah kaget jika ada penumpang yang harus diusir jika kedapatan rusuh atau mabuk di dalam pesawat.

Menolak mematikan perangkat elektronik

Peralatan elektronik yang menyala adalah salah satu barang 'haram' di dalam pesawat, sehingga siapa pun yang menolak untuk menonaktifkannya maka ia berhak memilih antara turun sendiri atau diusir.

[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)